N3 Payakumbuh – Sebanyak 241 Jemaah Calon Haji (JCH) kota Payakumbuh ikuti tes kebugaran di lapangan Sari Bulan bersama Dinas Kesehatan, Jumat (2/3).

Kepala Kankemenag Payakumbuh melalui Kasi PHU, H. Jufrimal mengatakan kepada wartawan, JCH melakukan olah raga ringan menjelang tim kesehatan haji datang untuk melakukan tes kesehatan. Tes kebugaran yang dimulai dengan pemeriksaan tensi jemaah dan kemudian dilanjutkan dengan olahraga ringan yang dipimpin langsung Kepala Dinas Kesehatan diwakili Kabid Pesmas dan P3, Hj. Hefi Suryani bersama Kasi P3, Nela.

Sementara itu Kabid Kesmas dan P3, Hefi Suryani, menjelaskan, bahwa tes kebugaran ini bertujuan untuk mendeteksi keadaan kesehatan JCH sejak dini.

"Kegiatan hari ini kita awali dengan pemeriksaan tensi jemaah yang dilanjutkan pemeriksaan kesehatan untuk menilai kebugaran JCH secara bergantian. Dari hasil pemeriksaan awal ini, kita akan keluarkan rekomendasi olahraga apa yang cocok dan yang harus dilakukan jch, sesuai dengan indeks kebugaran, termasuk frekuensi olahraga. Kegiatan ini kita awali dengan pemanasan dan melakukan senam ringan yang langsung kita koordinir," jelas Hefi Suryani.

Ditambahkannya, setelah jemaah ikuti senam ringan, selanjutnya jemamah akan berlari-lari kecil di dalam jalur sepanjang 200 meter yang telah kita siapkan. Kita targetkan jemaah mampu menempuh jarak ini sebanyak 8 kali, sehingga dalam tes kebugaran awal ini jemaah akan menempuh jarak sepanjang 1600 meter. Dengan lajur ini, kita juga akan menilai tempo waktu yang dipakai. Kita telah siapkan 16 jalur, 1 jalur dipakai 2 orang. Kita juga telah siapkan makanan pagi dan minuman secukupnya.

Salah seorang jemaah, Hadizamli yang didampingi istrinya Hasnawatil Yusra usai menempuh jalur, menyebutkan kegiatan ini sangat bermanfaat, sehingga nantinya kita terbiasa menempuh perjalanan yang jaraknya lumayan jauh.

"Perlu kita ketahui, di tanah suci Mekkah bisa saja kita nantinya menempuh jarak yang lebih jauh dari jalur ini. Disana kita akan berdesakan ditengah panasnya cuaca. Kita jadikan perjalanan ini menjadi suatu kebiasaan, sehingga nantinya kita tidak canggung. Walaupun nantinya petugas haji sudah disiapkan untuk membantu jemaah. Dengan tes kebugaran ini, petugas kesehatan bisa memberikan rekomendasi terkait kesehatan kita," sebut Hadizamli. (Rahmat Sitepu)
 
Top