N3. Lumajang ~ Bupati Lumajang, Drs. H. As’at, M. Ag., menyebar ikan lagi. Kali ini, di sungai selok gondang, tepatnya masuk Dusun Pogunung Kecamatan Sukodono, Jum'at (23/02/2018). Jenis ikan yang disebar adalah lele dan ikan Patin sebanyak 1,5 kwintal.

Bupati  berbaur dan berinteraksi dengan masyarakat sekitar yang memadati lokasi pemancingan tersebut. Para pemancing dari berbagai desa dan kecamatan yang ada di Kabupaten Lumajang, tidak kurang dari 500 orang.

Bupati As’at berpesan kepada masyarakat selokgondang   dan para pemancing yang datang di lokasi itu, agar bisa menjaga lingkungan dengan baik, agar tidak  membuang sampah sembarangan di sepanjang aliran sungai. 

Menurutnya, apabila sungai banyak sampahnya, akan menyumbat arus aliran sungai, yang berakibat meluapnya air sungai ke kawasan perkampungan , ladang dan sawah.  

Maksud dan tujuan bupati menyebar ikan di sungai tersebut, adalah untuk memberikan contoh kepada masyarakat, agar muncul kesadaran warga dalam pelestarian lingkungan hidup, utamanya sepanjang aliran sungai. 

Apabila sungai terjaga kelestariannya, maka, akan mengembalikan fungsi alami seperti dahulu, yang banyak menjadi habitat atau tempat berkembangnya ikan dan suburnya mata rantai makanannya.

Sehubungan dengan hal itu, bupati mengingatkan warga, agar ikut mencegah adanya orang yang mencari ikan menggunakan strum, poltas, jarring atau jala dan sejenisnya. Hal itu, dimaksudkan agar keberadaan ikan di sungai tidak punah.(Wahyu)
 
Top