N3, Padang Panjang - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dengan Forum Pegiat Literasi (FPL) adakan Kegiatan lapak baca di MAN Gunung Kota Padang Panjang, mualai Selasa kemaren. Kegiatan ini merupakan kali pertama yang dilakukan diawal Tahun 2018. Demikian dikatakan Kepala Bidang Perpustakaan dan Kearsipan Joni Aldo, A.Md di ruang kerjanya, Rabu (10/1).

Joni Aldo, A.Md mengatakan, Kegiatan lapak baca ini diadakan adalah untuk menumbuhkan minat baca Siswa-Siswi di Sekolah, terutama Sekolah yang ada di Kota Padang Panjang.

”Lapak Baca ini tidak hanya untuk Siswa-Siswi saat di Sekolah saja. Sebelumnya lapak baca ini suda kita laksanakan untuk tingkat Kelurahan senjak tahun lalu, cuma kegiatannya dilaksanakan hanya setiap hari Sabtu dan Minggu. Sedang untuk Sekolah baru tahun ini kita laksanakan” jelas Joni Aldo.

Sementara itu Ketua Forum Pegiat Literasi Muhammad Subhan menambahkan kegiatan ini dilakukan dalam rangka untuk mendukung Kota Padang Panjang sebagai Kota Literasi. Dimana untuk mendapatka gelar Literasi ini FPL dan Pemko akan melaksanakan kegiatan lapak baca ditingkat kelurahan dan di tingkat sekolah.

“Kita akan mengejar gelar Kota Literasi yang ke dua, dimana sebelumnya hanya Kota Surabaya yang berani mencanangkan bahwa mereka Kota Literasi,” ungkap Subhan.

Subhan mengatakan untuk FPL sendiri sudah melaksanakan kegiatan pra pencanangan Kota Padang Panjang sebagai Kota Literasi di bulan Desember kemarin.

“Untuk pencanangannya sendiri kita akan lakukan pada bulan Mei Tahun 2018 bersamaan dengan Temu Panyair se-Asia Tenggara di Kota Padang Panjang yang akan dihadiri oleh 300 penyair” tutur nya.

Lain hal dengan Guru Mata Pelajaran Akidah Laina mengatakan beliau sangat bangga dan senang sekali dengan adanya lapak baca ini, terlebih lagi lapak baca ini membawa anggota FPL yang memiliki kehebatan dalam bidang sastra.

“Dengan adanya FPL ini otomatis mereka dapat memberikan motivasi dan semangat kepada siswa siswi dalam menambah ilmu pengetahuan, tidak hanya dalam membaca saja melainkan masih banyak yang dapat mereka pelajari dari anggota FPL,” ungkap Laina.

Laina menambahkan jangan sekali ini saja diadakan Lapak Baca ini, adakan lagi acara seperti ini disini.

“Kami sangat berterimakasih pada Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan serta FPL dengan adanya lapak baca ini kami berharap untuk kedepannya lapak baca ini diadakan tidak hanya hari ini saja, kalau bisa diadakan minimal tiga kali seminggu disini”, harap Laina. (ri)
 
Top