N3, Pasaman ~ Kunjungan muhibah dan studi banding yang dilakukan oleh jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman ke instansi yang sama di ranah Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Provinsi Sumatera Utara (26-27/1) penuh motivasi dan inspirasi.

Demikian diungkapkan Kepala Kankemenag Kabupaten Pasaman H.Abdel Haq di ruang kerjanya usai melakukan perjalanannya sejauh lebih kurang 100 kilo meter bersama rombongan selama dua hari ke negeri serambi Makkahnya Provinsi Sumut itu.

Katanya, rombongan yang berjumlah 60 orang terdiri dari pejabat struktural, fungsional, Kepala KUA, madrasah, dan staf disambut suka cita dan begitu luar biasa oleh keluarga besar Kankemenag Kabupaten Madina yang dipimpin H.Muksin batubara dengan tarian daerah Mandailing dan pengenaan kain khas ulos yang memiliki makna ucapan selamat datang dan doa keselamatan.

Abdel mengatakan sambutan yang ikhlas dan sebagai wujud pelayanan prima tersebut merupakan penghormatan dan penghargaan bagi keluarga besar Kemenag Pasaman.

“Begitu hangat dan penuh keramahan sambutan mereka sehingga meninggalkan kesan indah”, ucapnya.

Lebih lanjut Abdel Haq mengatakan, tujuan kedatangan ke Kemenag Madina selain melaksanakan pertandingan olah raga persahabatan diantaranya bulu tangkis, bola voli dan tenis meja sebagai kunjungan balasan beberapa bulan lalu, juga melakukan studi banding ke sejumlah satuan kerja yakni MAN dan MTsN Panyabungan sebagai langkah sharing informasi dan hal-hal yang dapat dikembangkan.

Sependapat dengan Muksin Batubara, dari kegiatan yang dilakukan selain berkontribusi untuk kebugaran jasmani juga diharapkan sebagai langkah untuk dapat mempererat ukhuwah dan tali silaturrahmi antara keluarga besar Kemenag dan saling transfer informasi serta ilmu guna mewujudkan peningkatan mutu kinerja.

Disebut Abdel Haq, ada pelajaran dan ilmu yang bernilai dari negeri bermotto beradat tersebut terutama dalam hal untuk pengembangan program keagamaan untuk dapat diterapkan di ranah yang bervisi agamais kedepannya.

Dari liputan yang dilakukan tim humas mengikuti rombongan, Abdel Haq yang didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Afrida Herniwati tidak hanya mengungkapkan kesan indah dari pertemuan dua instansi ikhlas beramal itu juga ada pesan bermakna yang dapat di bawa pulang sebagai ole-ole.

Rombongan tidak hanya bersilaturrahmi dengan Kemenag Madina juga berkesempatan bertemu ramah dengan Bupati H.Dahlan Nasution sembari menikmati jamuan makan siang bersama di Taman Siri-Siri Syariah Panyabungan Sabtu (27/1).
Dipertemuan langka itu, Bupati yang low profil itu menitip pesan agar pertemuan antara kedua instansi vertikal tersebut dapat semakin memperkokoh persaudaraan, dan semakin berkualitasnya kinerja dalam rangka membangun daerah masing-masing khususnya di bidang agama dan keagamaan.

Bupati berpesan, untuk mencapai kemajuan itu harus meninggalkan sifat buruk sangka dan curiga, tetapi harus memupuk saling menghargai satu sama lainnya.

Kepala daerah itu juga memaparkan visi serta program-program kerjanya guna membangun Madina dari sektor agama diantaranya telah berdirinya STAIN yang akan diresmikan oleh Menteri Agama Ri H.Lukman Hakim Shaifuddin pada pertengahan bulan februari mendatang serta masjid yang akan menjadi ikon daerah.

Ia mengatakan, Pasaman dan Madina memiliki budaya dan kebiasaan yang sama sehingga tidak dapat dipisahkan termasuk dalam hal membangun daerah dari bidang agama dan berharap akan sama-sama maju kedepannya.

Diakhir pertemuan, kedua pimpinan instansi saling memberikan cinderamata dan sebelum meninggalkan negeri yang berbatasan itu, Abdel haq bersama rombongan yang mengendarai 11 mobil itu sempat berkunjung ke Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba yang tidak hanya terkenal di Sumatera juga di nusantara ini. Imp
 
Top