N3, Agam ~ Jumlah penduduk jika tidak diimbangi dengan ketersediaan lapangan pekerjaan akan berdampak pada tingginya angka pengangguran. Untuk itu, pengendalian jumlah penduduk merupakan faktor yang paling penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.Salah satu upaya pengendalian jumlah penduduk yang dilakukan pemerintah adalah melalui program-program BKKBN yang terus disosialisasikan ke tengah-tengah masyarakat. Seperti Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Kreatif 2017.

“Pemerintah sangat intens mempromosikan mars KB di radio dan televisi. Agar program-program KB bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat,” ujar Kabid Advokasi Pergerakan dan Informasi BKKBN Sumbar, Imran saat sosialisasi KIE Kreatif 2017 di Nagari Koto Alam, Kecamatan Palembayan.

Tak hanya itu, banyak manfaat yang bisa dirasakan masyarakat dengan mengikuti program KB. Terutama dalam hal mengansipasi angka percerai, yang menurut data Kemenag, sebesar 70 persen, angka perceraian disebabkan oleh perkawinan di usia muda.Anggota komisi IX DPR RI, M Iqbal mengatakan, BKKBN memiliki banyak program. Seperti program untuk ibu muda, genre dan sebagainya. Program-program ini, notabene untuk memberikan kehidupan yang layak kepada seluruh masyarakat. 

Dengan harapan dalam terbentuk keluarga kecil bahagia dan berkualitas.“Untuk merealisasikan berbagai program tersebut, BKKBN tentunya butuh dukungan dari komisiIX DPR RI, selaku mitra kerja. Tanpa adanya dukungan dari kami, tentunya program-program tersebut tidak akan berhasil,” kata politisi PPP tersebut.

Sejauh ini, pihaknya di komisi IX juga telah memperjuangkan anggaran BKKBN. Agar, keberadaanprogram-program yang dilaksanakan tersebut betul-betul dapat berjalan dengan baik demi terciptanya keluarga kecil yang mandiri.(zul)
 
Top