N3 Payakumbuh - Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), Direktorat Jendral Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Jakarta akhirnya menganugerahkan Akreditasi Utama pada Puskesmas Lampasi, demikian penjelasan Kepala Puskesmas Lampasi, dr Harika Putra pada Jum’at siang  di Puskesmas Lampasi, Kec. Lamposi Tigo Nagari.

“Di Sumatera Barat, dari semua Puskesmas yang pernah dinilai Akreditasi, baru ada lima Puskesmas yang berhasil meraih status Akreditasi Utama, yakni puskesmas Talawi Sawahlunto, Puskesmas Silungkang Sawahlunto, Puskesmas Sitiung Dharmasraya, Puskesmas Guguk Panjang Bukittinggi dan Puskesmas Lampasi Payakumbuh”, jelas Harika.

Menurutnya ini hanyalah langkah awal untuk sesuatu yang lebih besar kedepannya di bidang pelayanan kesehatan, “Tantangan pelayanan kesehatan semakin besar kedepannya sehingga diperlukan upaya-upaya yang luar biasa untuk mengatasi berbagai persoalan”, imbuh Harika.

Saat dikonfirmasi terkait rahasia sukses membawa Puskesmas ter-Akreditasi Utama ini, Harika menjelaskan, “ kuncinya terletak pada sinergisitas lintas sektoral, berupaya terus meningkatkan kompetensi petugas pelayanan untuk tidak hanya mantap dalam segi medis tetapi juga memiliki kemampuan komunikasi yang baik menjadi faktor kunci keberhasilan meraih prestasi ini”, ungkap Harika dengan penuh semangat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Elzadaswarman, saat dihubungi menambahkan bahwa Hasil Penilaian Akreditasi Puskesmas  selaku FKTP ini ada 5 tingkatan, yakni Tidak terakreditasi, Ter-akreditasi Dasar, Ter-akreditasi Madya, Ter-akreditasi Utama dan tingkatan tertinggi Ter-akreditasi Paripurna.  “Dengan terbitnya putusan Puskesmas Lampasi berstatus Ter-Akreditasi Utama, maka seluruh Puskesmas di Kota Payakumbuh yang ada 8 (delapan) telah berstatus Ter-Akreditasi, dua berstatus Ter-Akreditasi dasar, lima puskesmas Ter-Akreditasi Madya dan satu Puskesmas Ter-Akreditasi Utama.”

“ Saat ini sedang dipersiapkan penilaian untuk status Akreditasi bagi RSUD Adnaan WD Payakumbuh, semoga hasil terbaik pun bisa kita peroleh, terang Elzadaswarman. (Rahmat Sitepu)
 
Top