N3, Padang ~ Pertemuan da’i dan ulama se-Asia Tenggara, Afrika, dan Eropa digelar di Padang, 11-21 Juli 2017. Cukup banyak rangkaian acara yang digelar. Pada hari pertama akan dilaksanakan Musabaqah yang mempertandingkan sejumlah cabang.
“Ya, rangkaian kegiatan pertemuan da’i dan ulama akan dimulai dengan Musabaqah,” ujar Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo, kemarin.
Musabaqah dibuka di Asrama Haji Tabing, Selasa (11/7), pukul 09.00 Wib. Sebelum pembukaan Musabaqah, digelar tausyiah subuh di masjid setempat. Tausyiah subuh selain diikuti peserta Musabaqah, juga dihadiri Ketua Yayasan Al Manarah Al Islamiyah Arab Saudi Syekh Khalid Al Hamudi, Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo, Wakil Walikota H. Emzalmi, serta sejumlah kepala OPD Pemko Padang.
Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Setdako Padang Jamilus mengungkapkan, Musabaqah akan dilombakan selama tiga hari, 11-13 Juli. Peserta diperkirakan mencapai 300 orang.
“Untuk tempat sudah kita siapkan,” terang Jamilus didampingi Ketua Pengurus Masjid Agung Nurul Iman Mulyadi Muslim.
Mulyadi Muslim menambahkan, kegiatan Musabaqah akan memperlombakan dua cabang. Yakni lomba tahfiz, serta lomba hafalan hadis. Tahfiz akan mempertandingkan nomor 30 juz, 20 juz, 8 juz, dan 5 juz. Sebanyak 132 peserta sudah mendaftarkan diri.
“Sedangkan untuk hafalan hadis, sebanyak 130 peserta dipastikan ikut serta,” tukasnya.
Hadiah yang disiapkan panitia untuk musabaqah ini cukup menggiurkan. Panitia lomba, Yayasan Al Manarah Al Islamiyah menyiapkan uang tunai sebesar 1.500 dollar US. Sedangkan Pemko Padang menyiapkan trophy bagi pemenang.
“Tak lupa, kita mengajak warga untuk menyaksikan Musabaqah ini,” ucap Mulyadi Muslim.
Seperti diketahui, pembukaan akbar pertemuan da’i dan ulama se-Asia Tenggara, Afrika, dan Eropa dilaksanakan 17 Juli mendatang. Direncanakan akan dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla di Masjid Raya Sumbar.(Charlie)

Cuplikan Berita

 
Copyright © Nusantaranews All Right Reserved