N3, Padang ~ Kapolri Jenderal Tito Karnavian akan meresmikan kenaikan status Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat, dari tipe B ke A. "Peresmian kenaikan tipe Polda itu langsung dipimpin oleh Kapolri yang dijadwalkan di Mapolda Sumbar, pada 3 April 2017," kata Kabid Humas Polda Sumbar AKBP Syamsi di Padang.

Ia menegaskan kenaikan tipe Polda Sumbar ini sesuai dengan surat dari Mabes Polri dengan Nomor B/125/M.KT.01/2017. Selain Polda Sumbar, Kapolri juga menaikkan status Polda NTT dan Maluku menjadi tipe A.

AKBP Syamsi mengatakan kenaikan tipe Polda Sumbar ini dilakukan karena tingkat kerawanan bencana alam yang tinggi di Sumatera Barat, sehingga diperlukan jumlah personel yang ideal dalam mengantisipasinya.

"Selain itu bertambahnya jumlah penduduk juga menjadi alasan Polda Sumbar untuk naik statusnya," kata dia menerangkan.

Setelah perubahan tipe ini, akan ada pengukuhan kenaikan pangkat Kapolda Sumbar dari BRIGJEN menjadi IRJEN dan Waka Polda dari KOMBES menjadi BRIGJEN, serta jajaran pejabat utama.

Ia mengatakan selain meresmikan kenaikan status Polda Sumbar, Kapolri juga akan meluncurkan program "Integreted Quick Respon (IQR)" yang menjadi inovasi pelaporan dari masyarakat kepada pihak kepolisian berbasis ponsel pintar.

"Sistem daring IQR sedang kami benahi agar program digitalisasi pelaporan nantinya bisa beroperasi baik saat peluncuran," kata dia.

Menurutnya program IQR ini akan menjadi solusi untuk memberikan pelayanan secara cepat kepada masyarakat. Apabila terjadi peristiwa atau bencana, masyarakat cukup melaporkan melalui aplikasi tersebut.

"Aplikasi ini sudah tersedia di 'Play Store' sehingga bisa diunduh secara bebas di ponsel pintar," kata dia.

Sebagai rangkaian kunjungannya di Sumbar, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian juga akan memberikan kuliah umum dihadapan mahasiswadan civitas akademika Universitas Andalas (Unand) Padang Sumatera Barat. Frm

Cuplikan Berita

 
Copyright © Nusantaranews All Right Reserved