N3, Padang ~ Masih banyaknya pungutan liar ( Pungli) yang berlangsung di tengah - tengah masyarakat seakan masih lepas dari pengawasan serta tindakan dari Tim Saber Pungli Kota Padang yang sedang gencar - gencarnya di lakukan di Kota Padang.

Kondisi tersebut terlihat di depan mata seperti pungli yang terus dirasakan sebagian besar sopir - sopir angkot oleh oknum premanisme dan juga hampir sebagian besar area parkir di perkantoran pemerintah atau tempat pelayanan publik yang dipungut biaya parkir tanpa ada karcis retribusinya.

Hal itu menjadi pertanyaan oleh masyarakat terhadap kinerja tim saber pungli yang kurang berani menindak tegas, mengungkap pungli yang dilakukan oknum preman dijalanan dan parkir liar. Kemana uang perginya yang diperoleh dan siapa oknum dibelakangnya.

Menyikapi kondisi tersebut, Iswanto Kwara anggota Komisi I DPPR Padang membidangi Urusan Hukum dan Pemerintahan menyampaikan, kita harus tahu bahwa tujuan Tim Saber Pungli dibentuk salah satunya untuk menghentikan dan mengurangi kebocoran atau penggelapan yang dilakukan oleh masyarakat atau oknum instansi tertentu.

"Menurut Iswanto, tim saber pungli tidak saja menindak pada Aparatur Sipil Negara( ASN), BUMN, BUMD namun harus juga berani menindak pungli yang dilakukan oknum premanisme. Seperti kondisi yang ada ditengah masyarakat yang sudah selayaknya untuk ditindak, seperti pungli oleh oknum premanisme kepada sopir angkot, parkir di perkantoran pemerintah, " ujar Iswanto,diruang kerjanya.

Lebihlanjut dikatakan, Tim Saber Pungli Kota Padang harus kerjasama optimal dengan aparat  hukum (Kepolisian, TNI,red) untuk kerja maksimal. Kerjasama untuk segera menindak aksi pungli oleh oknum premanisme di Kota Padang.

Apakah tim sabar pungli konsisten  kerja maksimal? , ya itulah harapan yang kita inginkan .Tim Saber Pungli Padang harus konsisten karena) masih banyak laporan yang saya dengar, sampai hari ini masih ada pungli, termasuk pungli dilapangan ditengah masyarakat, seperti yang dijelaskan tadi,pungli oleh oknum premanisme.

'Kita berharap jangan ada tebang pilih, tidak peduli siapa, sekecil apapun tindak pungli yang dilakukan, sikat saja sampai ke urat - uratnya, " tegas Iswanto

Dengan maksimalnya kerja Tim Saber Pungli Kota Padang, nantinya juga akan berimbas kepada perekonomian, hal ini dikarenakan saat ini Kota Padang sedang berbenah. Tidak ada laginya pungli di instansi - instansi serta birokrasi, akan memudahkan investor datang ke Kota Padang, untuk berinvestasi.

"Silahkan saja dilaporkan atau langsung menghubungi melalui call center Saber Pungli Kota Padang di nomor 08117 180117,
jika ada yang mendengar ataupun melihat kegiatan pungli oleh masyarakat atau oknum. Jangan ada lagi masyrakat maupun investor yang di persulit dengan birokrasi yang berbelit - belit pada akhirnua juga adalah meminta uang untuk pelicin untuk mempermudah urusan, " tutupnya.(baim)

Cuplikan Berita

 
Copyright © Nusantaranews All Right Reserved