N3, Sumbar ~ Gubernur Sumbar Irwan Prayitno masuk dalam calon penerima gelar tanda jasa/ tanda kehormatan dalam bidang pertanian yang akan diserahkan oleh Presiden RI.

“Jika memang sudah lulus verifikasi, gelar tanda jasa/ tanda kehormatan tersebut akan diserahkan saat acara Pekan Nasional (PENAS) XV di Aceh pada Mei tahun ini” sebut Dwi Daryanto Perwakilan Sekretaris Militer Presiden saat menghadiri rapat bersama Gubernur di ruang rapat Istana Gubernuran, Kamis (30/3/2017).

Dwi juga menjelaskan bahwa, gelar tanda jasa/ tanda kehormatan tersebut didasarkan pada keberhasilan pembangunan hasil pertanian secara menyeluruh dan kemudian diusulkan kepada Kementerian Pertanian.

“Dari seluruh provinsi Indonesia, hanya 18 Provinsi yang siap menerima verifikasi, dan hari ini kami bersama rombongan akan langsung ke lapangan untuk mengecek apakah yang disampaikan itu benar adanya dan tidak mengarang” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dalam dalam rapat tersebut menyampaikan program-program atau terobosan dalam mendukung percepatan pembangunan pertanian Sumbar.

“Gerakan Pensejahteraan Petani (GPP), Pengembangan Pertanian Organik, Gerakan Satu Sapi Satu Petani (SSSP), Pengembangan Kakao Berkelanjutan, Gerakan Kemandirian Pangan, itu adalah program-program terobosan yang kami buat bersama dalam percepatan pembangunan pertanian Sumbar” Ungkapnya.

Gubernur juga menjelaskan, ketersedian pangan Sumbar sudah surplus beras pada 2013 sebesar 863.044 ton, tahun 2014 sebesar 831.864 ton, tahun 2015 874.333 ton.

“Insyaallah, target produktifitas gabah di Sumbar sampai dengan tahun 2017 sebesar 3 juta ton Gabah Kering Panen (GKP) akan dapat tercapai” harapnya. Hms

Cuplikan Berita

 
Copyright © Nusantaranews All Right Reserved