Nusantara ~ Mata adalah salah satu organ penting pada tubuh manusia. Hampir setiap aktivitas yang kita lakukan berhubungan dengan mata, seperti membaca, menonton televisi, dan lain-lain. Karena itu, menjaga kesehatan mata harus menjadi prioritas utama.

Perawatan dari luar bisa dilakukan dengan cara menghindari menggunakan riasan mata yang sudah lebih dari 3 bulan, memakai kacamata hitam jika berada di luar ruangan untuk melindungi matadari sinar UV-A dan UV-B; serta meminimalisasi bekerja di depan layar komputer secara terus-menerus.

Perawatan dari dalam berhubungan dengan asupan makanan sehari-hari. Konsumsilah secara rutin buah-buahan yang terbukti baik untuk mata, di antaranya alpukat, jeruk, pepaya, dan kiwi. Tidak hanya buah-buahan, sayur juga penting untuk memelihara kesehatan mata.

Brikut ini terdapat tiga jenis sayuran yang bermanfaat untuk mata:
1. Sayuran Hijau Gelap
Sayuran hijau gelap kaya akan antioksidan lutein dan zeaxanthin. Dua antioksidan tersebut merupakan pigmen alami yang membantu mencegah degenerasi makula, yang dapat menyebabkan kebutaan. Lutein bisa ditemukan dalam bayam, selada, dan brokoli. Sementara itu zeaxanthin ada pada kale dan bayam.

2. Wortel dan Ubi Jalar
Menurut penelitian yang dilakukan di University of Maryland Medical Center, orang yang mengonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin A, seperti wortel segar dan ubi jalar, memiliki risiko lebih rendah menderita katarak. Tingginya kandungan beta-karoten dalam wortel juga membantu meningkatkan kejernihan mata, mencegah terjadinya rabun senja, dan memperbaiki penglihatan yang lemah.

3. Paprika
Paprika mengandung dua jenis vitamin yang berperan penting bagi kesehatan mata, yaitu vitamin A dan vitamin C. Vitamin A dapat mencegah terjadinya degenerasi makula. Sedangkan vitamin C dapat membantu mencegah terjadinya katarak.
 
Top