N3, Samarinda ~ Pengembangan Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Maloy di Kabupaten Kutai Timur mendapat semangat baru menyusul hibah lahan seluas 296 hektar dari PT. Indonesia Plantation Synergy (IPS) kepada Pemprov Kaltim.

Penyerahan hibah lahan  ditandai dengan penandatangan berita acara serah terima lahan seluas 296 hektar oleh  Direktur PT IPS  Mr PK Vanugopal dan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak dilanjutkan penyerahan berkas hibah yang kemudian diserahkan kepada Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setprov Kaltim  Ir H Ichwansyah.

Gubernur menjelaskan, KIPI Maloy di Kabupaten Kutai Timur dipersiapkan menjadi pusat pengolahan crude palm oil (CPO) dan berbagai produk turunan yang terintegrasi dengan pelabuhan berskala internasional.

Gubernur juga mengintruksikan agar semua pihak lebih fokus dan bersinergi demi percepatan pembangunan KIPI Maloy. Gubernur menyebutkan, banyak investor yang telah menantikan operasional KIPI Maloy terutama dari perusahaan kelapa sawit yang ingin segera memanfaatkan fasilitas pelabuhan tersebut.

"Kita bersyukur, hari ini telah dilakukan penandatanganan berita acara serah terima lahan seluas 296 hektar dari PT. IPS kepada Pemprov Kaltim.  Pemprov memberikan apresiasi  dan lahan yang diserahkan tersebut akan digunakan untuk menambah pengembangan KIPI Maloy sebagai pusat pengembangan kawasan industri berbasis oleochemical," kata Awang Faroek Ishak.

Setelah penyerahan lahan tersebut, kini luas lahan  KIPI Maloy bertambah menjadi 1.296 hektare. Menurut Awang, ini kesempatan bagi para investor untuk menanamkan modal dengan jaminan yang sudah disiapkan Pemprov Kaltim.

"Sekali lagi kami berikan apresiasi kepada PT IPS yang merupakan perusahaan pertama yang hadir di KIPI Maloy. Semoga kerjasama ini bisa terus berlangsung dan   bisa dicontoh oleh perusahan-perusahaan lainnya, berkontribusi nyata untuk pembangunan Kaltim," tegas Gubernur.

Sementara Mr PK Vanugopal  mengatakan, PT IPS mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemprov Kaltim dan Pemkab Kutai Timur yang telah banyak memberikan dukungan  dan bantuan dalam pembangunan kebun serta pabrik PT IPS sejak awal hingga saat ini.

"Dalam rangka berpartisipasi  dalam pengembangan KIPI Maloy,  kami menyerahkan lahan PT IPS seluas 296 hektare kepada Pemprov Kaltim. Semoga ini mempercepat pengembangan KIPI Maloy," kata Vanugopal. (mar/sul/es/humasprov
 
Top