13 Hal Pembentukan Karakter Anak

Nilai-nilai Karakter yang Ditanamkan dalam Sebuah Keluarga

1. Religius
Anak harus di ajarkan untuk memiliki sikap yang religius. Ajarkanlah mereka untuk patuh dalam melaksanakan ajaran agamanya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain serta hidup rukun antar umat beragama.

2. Jujur
Ajarkanlah pada anak Anda sikap yang mencerminkan perilaku jujur dengan dimulai dari pribadi kedua orang tuanya sebagai teladan. Sikap jujur ini akan menjadikan anak sebagai pribadi yang dapat dipercaya dalam segala ucapan, perbuatan, dan pekerjaannya.

3. Disiplin
Ajarkanlah kepada anak Anda untuk disiplin dalam segala aktivitasnya sehingga ia menjadi pribadi yang menghargai waktu dan enggan untuk melakukan hal yang sia-sia.

4. Kerja keras
Ajarkanlah kepada anak Anda untuk bersungguh sungguh terhadap apa yang dikerjakannya sehingga ia menjadi pribadi yang tidak putus asa dalam menghadapi berbagai hambatan yang ada nantinya serta berusaha menyelesaikan apa yang dikerjakannya dengan sebaik-baiknya.

5. Mandiri
Ajarkanlah kepada anak Anda kemandirian sehingga ia tidak menjadi pribadi yang menggantungkan sesuatu kepada orang lain.

6. Demokratis
Ajarkanlah kepada anak Anda sikap demokratis dengan menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain sehingga ia tidak akan melakukan sikap semena-mena kepada orang lain.

7. Rasa Ingin Tahu
Ajarkan anak Anda untuk memiliki rasa ingin tahu yang tinggi yang mendorongnya untuk berusaha mengetahui sesuatu yang dipelajarinya secara lebih mendalam.

8. Semangat Cinta Tanah Air
Ajarkanlah anak Anda untuk memiliki rasa cinta terhadap tanah air sebagai tanah kelahirannya sehingga ia menjadi pribadi yang setia, peduli, dan peka terhadap segala fenomena yang ada di tanah airnya. Hal itu akan mendorongnya untuk memiliki semangat yang tinggi dan rela berkorban untuk menjadi bangsa yang bermanfaat bagi tanah airnya.

9. Bersahabat
Ajarkanlah anak Anda untuk menjadi pribadi yang bersahabat ketika berinteraksi dengan dunia luar, sehingga ia akan menjadi pribadi yang menyenangkan dan mampu bekerja sama dengan orang lain.

10. Cinta Damai
Ajarkanlah kepada anak Anda untuk mencintai kedamaian sehingga ia tidak akan mudah menyelesaikan segala permasalahan dengan kekerasan.

11. Gemar Membaca
Anda juga bisa memfasilitasi anak Anda berbagai buku bacaan sehingga menjadikan ia sebagai pribadi yang gemar membaca yang nantinya mendorong ia untuk menjadi  pribadi yang berwawasan luas dan gemar menuntut ilmu dan berguna bagi bangsa.

12. Peduli Lingkungan
Ajarkan anak Anda untuk memiliki sikap yang peduli dengan lingkungan sehingga ia akan selalu melakukan upaya yang mencegah orang lain yang berusaha untuk merusak lingkungan.

13. Tanggung Jawab
Ajarkanlah anak Anda untuk memiliki sikap yang bertanggung jawab baik kepada tuhan YME, dirinya sendiri, masyarakat, maupun lingkungannya.

Nah itu tadi diatas adalah nilai-nilai penting yang seyogyanya ditanamkan pada diri anak sejak dini oleh keluarga. Terapkanlah nilai-nilai tersebut pada diri Anda sebagai orang tua sehingga dapat menjadi orang tua yang berkarakter yang mampu mengajarkan anak-anaknya menjadi pribadi yang berkarakter. Semoga bermanfaat
Previous Post Next Post