N3, Jatim ~ Setelah Jakarta dan Cirebon, Jawa Barat, Ibu Negara Iriana Joko Widodo didampingi istri Wakil Presiden Ibu Hj. Mufidah Jusuf Kalla, Kamis (27/10) pagi, berkunjung ke Sidoarjo, Jawa Timur untuk melanjutkan sosialisasi program deteksi dini kanker serviks.

Lokasi yang pertama ditinjau adalah PT. Ecco Indonesia yang menyelenggarakan Program aksi “Peningkatan Kesehatan Tenaga Kerja Wanita dalam Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker pada Perempuan Indonesia 2015-2019” melalui pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA).

Dalam sambutannya, Ibu Negara Iriana Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih kepada para tenaga kerja wanita di perusahaan tersebut yang sudah memeriksakan dirinya. “Ini bukan kepentingan saya tapi untuk kepentingan ibu-ibu semua yang ada di sini karena dengan pemeriksaan ini kita ingin mengetahui apakah ada gejala atau tidak, alhamdulillah inshaa Allah, di PT Ecco ini nanti semuanya sehat,” kata Ibu Negara.

Saat tiba di lokasi PT. Ecco Indonesia itu, Ibu Negara Iriana dan rombongan  disambut oleh karyawati yang telah menanti dari pintu gerbang hingga ke lokasi acara. “Alhamdulillah saya bersama Ibu Mufidah Jusuf Kalla dan Ibu-ibu OASE sampai di sini dengan penyambutan yang dari jalan gerbang sampai ke sini alhamdulillah semangat semua,” ujar Ibu Iriana disambut tepuk tangan hadirin.

Selain peninjauan program deteksi dini kanker serviks, dalam kesempatan itu Ibu Negara juga sempat meninjau para karyawati di perusahaan yang memproduksi sepatu ekspor yang sedang bekerja di dalam pabrik. Perusahaan yang hampir seluruh pegawainya adalah perempuan ini memang menjadi salah satu target dari program deteksi dini kanker seviks bagi tenaga kerja wanita oleh pemerintah.

Setelah melakukan kunjungan ke PT. Ecco Indonesia, Ibu Negara Iriana dan rombongan meninjau Puskesmas Candi, tak jauh dari lokasi peninjauan pertama untuk melakukan peninjauan program serupa bagi sekitar 200 orang masyarakat sekitar. Puskesmas Candi ini, meliputi 24 Desa dengan jumlah wanita usia 30-40 tahun mencapai 26.833 orang.

Di Puskesmas Candi, Ibu Iriana meninjau pelaksanaan penyuluhan dan sosialisasi bagi masyarakat sekitar tentang pentingnya program deteksi dini pencegahan kanker serviks dan kanker payudara pada perempuan.
Pada akhir peninjauan, Ibu Iriana sempat membagikan selendang bermotif batik kepada para peserta penyuluhan dan melakukan foto bersama dengan para petugas Puskesmas.

Gerakan Nasional “Percepatan Peran Serta Masyarakat dalam Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker pada Perempuan Indonesia” untuk periode 2015-2019 telah dicanangkan oleh Ibu Iriana Joko Widodo pada tanggal 21 April 2015 yang lalu. Untuk memastikan pelaksanaan program tersebut, Ibu Iriana telah melakukan sejumlah kunjungan ke sejumlah daerah.

Turut mendampingi Ibu Iriana Jokowi antara lain Ibu Hj. Mufidah Jusuf Kalla, Hj. Fatma Saifullah Yusuf, serta istri anggota Kabinet Kerja yang tergabung dalam OASE-KK (Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja). (BPMI Setpres/ES)
 
Top