Kunjungan Wako Padang di Fakultas HAWK University Hildesheim

Nn, Padang -- Wakil Walikota Padang Mahyeldi yang didampingi oleh Kepala Bappeda Kota Padang Hervan Bahar, Kepala Tata Ruang dan Tata Bangunan Kota Padang dan Staf Pribadi Wako Padang Hendri Agung, mengadakan pertemuan dengan Dekan Fakultas Civil Enginering HAWK University, Prof. Dr.-Ing. Gunther Bahre, guna membahas agenda kerjasama di bidang pendidikan di Jerman. 

Kerjasama di Bidang pendidikan antara HAWK University Hildesheim telah lama dirintis oleh Univesitas Bung Hatta sejak tahun 1980’an. Kerjasasama ini sempat terhenti pasca musibah gempa 2009 lalu dimana pada tahun 2010 - 2011 sempat terhenti pengiriman mahasiswa dari HAWK University Hildesheim ke Kota padang.

Pada pertemuan tersebut dibahas upaya-upaya peningkatan kerjasama antara HAWK University Hildesheim dan Universitas Bung Hatta dan kemungkinan kerjasama dengan Universitas-Universitas lainnya di Kota Padang seperti Universitas Andalas, UNP dan lain sebagainya, ujar Kabid Humas Pemko Padang Richardi Akbar, S. Sos kepada pers, Senin.

Dibicarakan juga peluang pengiriman Staf Pemerintah Kota Padang untuk menjalani pendidikan singkat (Short Course) yang akan di fokuskan di bidang pengolahan limbah, sanitasi dan penataan kota terutama pemeliharaan bangunan-bangunan bersejarah. Pertemuan ini dilanjutkan dengan peninjauan fasilitas-fasiltas pendidikan yang dimiliki oleh HAWK University seperti laboratorium-laboratorium dan lain sebagainya.

Rektor HAWK juga menyebutkan bahwa MOU antara HAWK University dan Universitas Bung Hatta telah berakhir pada akhir 2011 yang lalu. MOU ini harus segera diperbaharui guna mendapatkan legalitas sekaligus dasar untuk mendapat bantuan dari Pemerintah Negara Bagian dan Pemerintah Federal Jerman. Pada rapat yang juga dihadiri oleh Ms. Diana Koytek yang merupaka Asisten Walikota Hildesheim bidang Kerjasama Luar Negeri dan Bpk. Andi dari Konsulat Jendral RI Hamburg juga dibahas agar MOU yang akan diperbaharui ini juga melibatkan Pemerintah Kota Padang dan Hildesheim agar kerjasama yang terjalin lebih dinamis.

Menurut informasi yang didapat dari Konsulat Jendral RI di Hamburg, Pemerintah Jerman mulai tahun 2013 ini akan memberikan beasiswa untuk 5000 orang mahasiswa selama 10 tahun untuk program S2 dan S3 di Jerman. Peluang ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh Hawk University dan Univesitas-Universitas di Kota Padang agar dapat mengirimkan mahasiswa beserta dosen untuk belajar ke Hildesheim dengan didukung oleh masing-masing Pemerintah Kota, ujar Kabid Humas Pemko Padang Richard. Rcd

Post a Comment

Previous Post Next Post