Al-Qur’an Sebagai Petunjuk yang Sempurna

 

 

Al-Qur’an adalah petunjuk yang sempurna dan selalu sesuai untuk masa kapan pun. Dari ayat tentang ibadah (puasa) sampai ayat tentang pernikahan, sanksi, dan lain-lainnya.

 

Hal tersebut diungkap oleh Ustadzah, Ummu Raisa dalam Kajian Muslimah: Ramadhan Bulan Al-Qur'an, Ahad, (17/3/2024) di Masjid Darul Arqam, Sawangan  Baru, Depok.

 

Ia pun melanjutkan bahwa petunjuk al-Qur’an baru akan terasa dan nyata jika Al-Qur’an dijadikan sebagai tuntunan hidup (dilaksanakan secara sempurna) dan sumber undang-undang resmi dalam kehidupan.

 

“Rasulullah SAW menerapkan Al-Qur’an dalam kehidupan dan bagaimana output peradabannya yang luhur. Dibangun sistem Islam/khilafah dengan kepemimpinan umum atas kaum Muslimin,” jelasnya di hadapan puluhan peserta.

 

Oleh karenanya, menurutnya, Al-Qur’an harus menjadi pegangan bagi orang beriman. Sebagaimana yang dijelaskan dalam firman Allah SWT surah an-Nisa ayat 59 yang artinya, ”Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Qur'an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.”

 

“Dari sini, maka, jangan mengabaikan atau meninggalkan Al-Qur’an, karena berhukum kepada Al-Qur’an kewajiban utama yang Allah bebankan dan memiliki dampak positif jika diperjuangkan dan diterapkan,” pungkasnya.[]Ayyuhanna Widowati

 

 

 

 

 

 


Post a Comment

Previous Post Next Post