Islam Selamatkan Generasi



Oleh Rina Rofiah

Kondisi generasi muda saat ini sedang tidak baik-baik saja. Banyak remaja bahkan anak-anak yang terjerumus dalam tindakan tercela bahkan berbahaya.

Dilansir dari liputan6, adanya tindak asusila yang dilakukan oleh siswa sekolah dasar (SD) dengan korban bocah taman kanak-kanak (TK) di Mojokerto, Jawa Timur. Penyelidikan yang dilakukan oleh pihak kepolisian memberikan informasi bahwa pelaku adalah tetangga korban sendiri. Pelaku yang terdiri dari tiga anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar (SD)  tersebut, mengajak korban untuk pergi ke rumah kosong tak berpenghuni, kemudian korban diminta untuk melepaskan pakaian yang dikenakan lalu korban dilecehkan secara bergilir.

Fenomena tersebut merupakan salah satu bakti bahwa sistem pendidikan saat ini dapat dikatakan gagal dalam membina adab dan perilaku peserta didik. Artinya, sekolah belum mampu untuk membentuk kepribadian baik serta berbudi luhur seperti harapan yang ada pada UU no. 20 tahun 2003. Yakni berkenaan dengan sisten pendidikan nasional pasal 3 : Pendidikan nasional berfungsi mengenbangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat, dalam rangka untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi pendidikan agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap kreatif, mandiri. Serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

Akan tetapi fakta berkata bahwa, program tersebut tidak dapat membuahkan hasil seperti yang diinginkan oleh UU itu sendiri. Hal itu merupakan suatu bukti dari rusaknya sekularisme yang saat ini membelenggu negeri tercinta.

Sebagaimana kita tahu tujuan dari sekularisme adalah memisahkan agama dari kehidupan. Sehingga perilaku dan adab yang dihasilkan dari sistem tersebut jauh dari su'ur Islam atau akhlak yang baik.

Dari sudut keberadaan teknologi informasi yang seharusnya memberikan kontribusi dalam kehidupan sosial sebagai jembatan untuk mecerdaskan kehidupan bangsa, alhasil hanya dijadikan untuk mengikuti trend dan alat untuk menghasilkan materi belaka. Bahkan parahnya, teknologi dijadikan sebagai perantara rusaknya pemikiran dan perilaku generasi muda, karena banyaknya budaya Barat asing yang begitu mudahnya masuk melalui teknologi komunikasi.

Minimnya pengawasan orang tua dan jauhnya dari pemahaman Islam, menambah rusaknya jati diri generasi.

Islam punya Solusi

Syari'at Islam adalah solusi sempurna bagi segala permasalahan yang dimiliki oleh umat. Adanya hukum syara' yang telah mengatur aktivitas manusia dalam kehidupan, menjadi patokan dalam melakukan sesuatu. Sedangkan adanya sanksi dalam Islam menjadi bahan pertimbangan bagi pelaku maksiat karena akan mendapatkan efek jera bagi pelakunya.

Pencegahan yang dimiliki oleh Islam adalah dengan menerapkan Islam secara kafah dan taat terhadap hukum syara'. Adapun pendidikan yang diterapkan oleh Islam yakni berdasar pada akidah islamiyah melalui proses belajar, kurikulum, media pembelajaran, fasilitas yang lengkap serta metode yang sesuai akidah.

Dengan demikian para peserta didik dapat memiliki akidah dan akhlak karimah yang kokoh dan membekas. Membiasakan pada yang haq dan menjauhkan dari yang batil lagi mungkar.

Wallahu a'lam bisshawwab

Post a Comment

Previous Post Next Post