YHLI Bakal Jadikan Kawasan Ponpes Buya Hamka Pusat Penghijauan Danau Maninjau



Agam, NusantaraNews-Yayasan Hutan Lestari Indonesia (YHLI) akan menjadikan kawasan Pondok Pesantren (Ponpes) Prof Dr Buya Hamka sebagai pusat penghijauan Danau Maninjau.

Pondok pesantren yang berlokasi di perbukitan Jorong Kukuban, Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, sangat cocok dijadikan tempat penghijauan terutama penanaman pohon buah produktif.

“Setelah melihat kondisi kawasan pesantre, kami berencana akan menjadikan tempat tersebut sebagai pusat kegiatan penghijauan Danau Maninjau hingga tiga tahun kedepan. Dengan demikian kawasan Selingkar Danau Maninjau diharapkan nantinya bisa lebih asri lagi dengan penanaman ribuan pohon,” kata Ketua YHLI Ardedi Tanjung, sebagaimana dilansir dari laman kaba12.co.id, Selasa (12/1).

Disebutkan, kawasan pondok pesantren seluas 8 hektar itu nantinya akan ditanam ribuan bibit pohon berbuah seperti manggis, kelengkeng, sukun, nangka, alpukat, dan bibit pohon produktif lainnya. Selain itu, penanaman bibit pohon tersebut akan dilakukan di sepanjang akses jalan perbukitan menuju Ponpes Buya Hamka.

“Kita rencanakan pertengahan tahun 2021 ini kegiatan tersebut terselenggara, sehingga bisa memberikan dampak baik bagi kita demi pelestarian dan penghijauan lingkungan,” ujarnya

Meski demikian, pihaknya berharap kepada generasi berikutnya untuk lebih peduli dan berperan serta dalam menghijaukan dan melestarikan lingkungan. “Karena jika kita ikut berperan memelihara alam, maka alam akan ikut menjaga kita. Oleh karena itu mari kita cintai alam dan jaga kelestariannya,” jelasnya.

Sebelumnya Senin (11/1) kemarin, Polsek Tanjung Raya telah melakukan program penghijauan di kawasan Ponpes Prof Dr Buya Hamka dengan menanam 50 bibit pohon manggis produktif secara simbolis. Dimana kegiatan tersebut mendapat dukungan penuh dari Yayasan Hutan Lestari Indonesia dan PT Brantas Abipraya. (Bagindo)

Post a Comment

Previous Post Next Post