GJB, Cara Pemerintah Kecamatan Tanjung Mutiara Bantu Sesama



Agam, NusantaraNews-Pemerintah Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, meluncurkan Gerakan Jum’at Berkah (GJB) dalam membantu masyarakat kurang mampu di kecamatan itu.

GJB ini lahir dari keresahan terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat, yang kehidupannya masih ada di bawah garis kemiskinan.

Dalam rangka menstimulus masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap kesulitan yang dialami oleh sesama, maka pemerintah kecamatan bekerjasama dengan Bank Nagari meluncurkan GJB pagi ini.

GJB rencananya akan dilaunching pagi ini oleh Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria, di aula Kantor Camat Tanjung Mutiara, Jum’at (15/1).

Camat Tanjung Mutiara, Hidayatul Taufik, mengatakan, Bank Nagari dengan fitur terbarunya di mobile banking yaitu Qris atau QR, akan memudahkan masyarakat untuk memindahkan-bukukan rekening sesuai jumlah yang mereka ingin sedekahkan ke rekening GJB kecamatan ini.

“Sedekah yang terkumpul akan didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan,” sebutnya.

Dengan metode yang terstruktur dan efisien seperti ini, ia berharap dapat menjadi wadah untuk memberikan solusi terhadap permasalahan umat di Tanjung Mutiara.

Menurutnya, apabila setiap Jum’at ada 100 orang memindahkan uangnya ke rekening GJB senilai Rp10.000, maka setiap minggu sudah terhimpun uang sebesar Rp1 juta untuk membantu masyarakat.

Disamping itu, GJB juga menyasar anak rantau yang memiliki potensi besar untuk mensejahteraan kampung, dengan cara mengirim barcode GJB kepada seluruh paguyuban anak nagari yang ada di perantauan,

“Bahkan GJB ini juga bisa digunakan untuk membeli nasi kotak, yang akan diberikan untuk jemaah sholat Jum’at di masjid se-Tanjung Mutiara,” kata Hidayatul Taufik.

Disetiap masjid, pihaknya akan meletakkan barcode GJB bagi para jemaah yang terketuk hatinya untuk meraba derita para dhuafa, fakir miskin dan anak yatim.

“Mari kita manfaatkan kemudahan dunia digital ini dalam mengakomodir para donatur, untuk mengetuk pintu langit dengan mensedekahkan harta mereka dalam membantu sesama,” ajaknya. (Bagindo)

Post a Comment

Previous Post Next Post