Dana P2D Desa Penarun 2020 Tanam Padi Ladang Dan Sawit


N3,SAROLANGUN - Dampak dari pandemi Covid 19 yang saat ini masih melanda di negara Indonesia tak terkecuali di Kabupaten Sarolangun, membuat pemerintah Kabupaten Sarolangun mengambil inisiatif, dimana Program Percepatan Pembangunan Desa (P2D) mulai tahun 2020 ini fokus dengan penguatan ekonomi masyarakat.

Program unggulan Bupati Sarolangun H.Cek Endra tersebut, untuk tahun 2020 fokus dengan peningkatan ketahanan pangan yang ada di 149 Desa/Keluruhan yang ada di Kabupaten Sarolangun, seperti dengan penanaman padi sawah dan padi ladang.

Seperti yang dilakukan Desa Penarun, Kecamatan Bathinn VIII, yang mana dana P2D tahun 2020 dengan alokasi dana Rp 200 juta digunakan untuk 2 kegiatan peningkatan ketahanan pangan, yaitu dengan menanam padi ladang dan menanam bibit sawit di tanah TKD.

" Dana P2D tahun ini kita gunakan untuk 2 kegiatan, yaitu penanaman padi ladang dan penanaman bibit sawit di Tanah Kas Desa (TKD)," sebut Kades Penarun, H.Zikri.

Dijelaskan Kades Penarun, H.Zikri, untuk luas lahan penanaman padi ladang seluas 20 hektar, yang mana semuanya sudah selesai dilakukan. Sementara untuk penanan bibit sawit, saat ini masih dalam masa pekerjaan.

" Untuk lahan padi ladang seluas 20 hektar, dan sudah selesai ditanam, sedangkan penanaman bibit sawit masih dalam pekerjaan," ujarnya.

Ditambahkannya, dengan program P2D tersebut, masyarakat khususnya desa Penarun sangat berterima kasih, karena dengan itu masyarakat bisa bercocok tanam dan dan mendapatkan hasilnya yang benar-benar dapat dinikmati masyarakat.

" Dengan program P2D ini masyarakat Penarun sangat mengapresiasi Pemerintah Daerah Kabupaten Sarolangun terutama Bupati H.Cek Endra yang sudah menjadikan program ini menjadi program unggulan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," sebut H.Zikri.

Terakhir dirinya, atas nama masyarakat Desa Penarun juga berharap kepada Pemkab Sarolangun dan khususnya Bupati H.Cek Endra, program P2D ini bisa dibawah ke provinsi jika nanti terpilih menjadi Gubernur Jambi.

" Harapan masyarakat semoga jika nanti terpilih menjadi gubernur Jambi, bisa membawa program P2D ini ke Provinsi," tandasnya.

(SRF)

Post a Comment

Previous Post Next Post