Bupati Aceh Timur Minta Camat Turun Ke Desa:Untuk Mensosialisasi Bahaya Virus Corona


Teks Foto:
Bupati Rocky didampingi pejabat terkait menyampaikan bimbingan ketika membuka Rakor Penanggulangan Covid-19 Bersama Para Camat Dan Kepala Puskesmas di Aula Serbaguna Idi, Kamis (2/4/2020)

Aceh Timur-nusantaranews,Bupati Aceh Timur H. Hasballah HM.Thaib, SH, atau yang akrap disapa Rocky mengharapkan para camat dan pihak puskesmas untuk terus melakukan sosialisasi terkait bahaya Covid-19. Hal itu dianggap penting mengingat masih banyak masyarakat awam yang belum memahami dan mengerti terhadap bahayanya virus Corona itu.

"Dalam kesempatan ini imbau para camat selaku perpanjangan tangan bupati, begitu juga dengan pihak puskesmas agar sama-sama berperan sebagai relawan di kecamatan dalam mensosialisasi bahaya virus Covid-19 ini ke masyarakat," kata Bupati Rocky dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan Virus Corona di Aula Setdakab Aceh Timur, Kamis (2/4/2020).
Menurutnya, melihat kondisi didaerah itu belakangan sebagian masyarakat masih menganggap penyakit tersebut tidak berbahaya. Padahal virus Covid-19 sangat berbahaya dan penularannya sangat cepat, baik melalui kontak badan atau batuk serta bersin.

Karena itu, Bupati Rocky mengajak para camat dan pihak puskesmas untuk tidak diam melihat kondisi Aceh Timur, apalagi semakin lama jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) semakin bertambah. "Bahkan suasana sebagian desa hari ini seperti tidak terjadi apa-apa, padahal beberapa daerah sudah ditemukan yang positif Corona, bahkan ada yang meninggal. Artinya, penyakit virus Covid-19 ini sangat berbahaya dan perlu pencegahan secara bersama-sama," kata bupati.

Begitu juga dengan perantau yang pulang dari beberapa negara tetangga, para camat harus turun ke desa menyampaikan bahwa setiap perantau perlu isolasi mandiri selama 14 hari. "Perantau itu tidak perlu datang ke puskesmas dan tidak perlu ke rumah kepala desa, tapi cukup menghubungi kepala desa untuk diteruskan ke puskesmas, agar pihak puskesmas memiliki data perantau yang pulang ke desa dalam situasi seperti ini," demikian Bupati Rocky.

Dalam Rakor itu hadir antara lain Sekda Aceh Timur H. M. Ikhsan Ahyat, S.STP, M.AP, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Timur Sahminan, SKM, M.Kes, dan Jubir Gugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Aceh Timur, Dr. H. Edi Gunawan MARS. Peserta Rakor antara lain Camat Simpang Ulim, Russamin, Camat Pante Bidari Muhammad Nasir dan Camat Madat, Muchtaruddin serta para kepala puskesmas bersama dokter. (*).

Post a Comment

Previous Post Next Post