Kapitalisme Menghilangkan Naluri Seorang Ibu

(Oleh : Nita Nopiana,S.Pd)

Di jaman yang semakin edan ini, ada banyak berita atau informasi yang sampai ke telinga kita. Sebagian berita tersebut terjadi seakan merupakan hal diluar kebiasaan masyarakat atau pun di luar akal sehat kita sebagai manusia.

Salah satu bagian yang tak pelak turut menjadi headline berita tersebut adalah sosok ibu. Dulu ibu diharapkan sebagai sosok yang sempurna. Masakannya menjadi masakan paling lezat dan dirindukan, keberadaannya menjadi sosok yang paling dinantikan, kelembutan sikap dan perangainya seakan menjadi hawa sejuk di tengah terik matahari yang menyengat. Saat ini, gambaran itu seakan hanya berada di dunia dongeng alias tak ada di kehidupan nyata. 

Banyak berita miris tentang ibu berubah menjadi sosok yang rela bahkan dengan sadar diri membuang bayi yang baru ia lahirkan ke sungai. Si bayi, ada yang terselamatkan, namun ada juga yang ditemukan sebagai mayat. Tak sedikit yang menghujat. Bagaimana mungkin ada ibu menjadi begitu kejam? Hewan saja tak akan berbuat demikian.  

Isi berita lainnya pun tak kalah miris. Kita disuguhi berita seorang ibu yang memberi racun kepada ketiga anaknya. Dia pun turut menenggak minuman pemutus kehidupan itu. Sayangnya, ketiga anak meregang nyawa namun si ibu tidak.

Kasus yang baru terjadi di Jakarta Barat yaitu seorang ibu menggelondong air ke anaknya hingga sang anak meninggal. Peristiwa  pembunuhan itu terjadi pada Jumat (18/10). Anaknya  tewas tidak lama setelah digelonggong air oleh pelaku yang tak lain ibunya sendiri. Korban digelonggong air galon selama 20 menit. Korban secara terus-menerus dicekoki air hingga perutnya kembung lalu muntah-muntah dan kejang. (detik.com /Selasa 29 Oktober 2019)

Selain digelonggong dengan air, korban mengalami kekerasan fisik. Polisi menyebut korban kerap mengalami kekerasan fisik sebelum akhirnya digelonggong air.

Jika mati dianggap sebagai akhir dari masalah, maka masalah baru pun sejatinya makin bermunculan. Si ibu tersebut dianggap sebagai pembunuh anak-anaknya sendiri justru di saat ia sendiri sudah tak kuat menahan beban beratnya dunia. Kini beban berat itu semakin bertambah, lebih-lebih, ia kini sendirian. Tak ada lagi anak-anak yang menghiburnya atau bergelayut di pundaknya.

Maraknya kasus membunuh anak kandung sendiri ini memang banyak penyebabnya. Akan tetapi menurut para ahli, hal yang melatarbelakanginya sebagian besar adalah karena kemiskinan serta gangguan kejiwaan/depresi atas masalah yang dihadapi . Jumlahnya pun setiap tahun bukannya semakin berkurang, tetapi cenderung meningkat. 

Penyebab Membunuh
Tekanan hidup yang semakin berat akibat diterapkannya sistem kapitalisme di negeri ini, merupakan penyebab utama terjadinya depresi  hingga membunuh anak kandung sendiri. Bagaimana tidak, tekanan itu terjadi hampir di seluruh aspek kehidupan. Di bidang ekonomi, biaya hidup yang semakin mahal, membuat seorang istri pusing tujuh keliling mengatur keuangan keluarganya. Sementara penghasilan suami sangatlah minim. Belum urusan pendidikan anak-anaknya, belum kesehatannya jika ada anggota keluarganya yang sakit. Semuanya berpotensi memicu depresi yang ujung-ujungnya membunuh anak kandung bahkan sampai bunuh diri.  

Di sisi lain pemerintah tidak mau ambil pusing dengan kesulitan hidup yang dialami rakyatnya. Rakyat dibiarkan sendiri bersusah payah memenuhi kebutuhan hidupnya. Bukan tambah kaya, justru kapitalisme sukses memiskinkan rakyatnya. Yang bermodal akan menguasai yang miskin. Jadiah hukum rimba, yang kuat memangsa yang lemah. Yang kaya semakin kaya, yang miskin semakin miskin. Subsidi satu demi satu dicabut, akhirnya biaya kebutuhan merangkak naik. Listrik naik, BBM naik, bahan pokok naik. Daya beli rakyat menurun.

Kondisi ini diperparah dengan lemahnya keimanan dan ketaqwaan masyarakat kepada Allah SWT. Pandangan hidup yang cenderung materialis dan sekuleris, jauh dari tuntunan agama, serta menjadikan harta dan jabatan sebagai tujuan hidupnya akan cenderung mudah membuat orang mengalami depresi.

Solusi Islam 
Islam mengangkat status ibu, memberikan posisi tinggi penghormatan dalam masyarakat, dan menganggap sebagai nilai besar atas peran perempuan sebagai penjaga rumah tangga, serta sebagai perawat dan pengasuh anak. Banyak nash-nash Islam yang memberikan penghargaan besar untuk pernikahan dan melahirkan banyak anak, dan menggambarkan perlakuan istimewa yang layak diterima ibu dari anak-anak mereka.
﴿وَوَصَّيْنَا الْإِنسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَى وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ﴾
“Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” [QS Luqman: 14]

Berikut ini solusi transedental yang ditawarkan di dalam Islam. 
Pertama, solusi individu. Rasulullah saw. selalu menanamkan pandangan hidup yang sahih dan lurus, yakni pandangan hidup Islam yang didasarkan pada akidah Islam; menanamkan bahwa kebahagiaan hidup adalah diperolehnya ridha Allah, bukan dicapainya hal-hal yang bersifat duniawi dan material, karena semua itu bersifat sementara. Penanaman pikiran dan pemahaman seperti ini dilakukan melalui pembinaan baik di rumah-rumah maupun di tempat-tempat umum. Oleh sebab itu, setiap orang harus ‘memaksa’ dirinya untuk terus mengkaji Islam secara tepat; bukan untuk kepuasan intelektual, melainkan untuk diyakini, dihayati, dan diamalkan.

 “Barang siapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. An Nahl : 97)

Kedua, solusi keluarga. Depresi memang tidak selalu terjadi pada keluarga yang berantakan. Ada juga orang yang berasal dari keluarga baik mengalami depresi. Namun, secara umum keluarga yang tak tertata berpeluang lebih besar melahirkan masyarakat yang depresi.

Allah Swt. Mahatahu terhadap karakteristik manusia yang diciptakannya. Dia adalah Zat Yang Mahalembut yang menurunkan konsep keluarga keluarga yang islami, harmonis, serta jauh dari hal-hal yang dapat merusak pondasi dan pilar-pilar keluarga; sehingga terbentuk keluarga yang ‘sakînah, mawaddah, wa rahmah’. Dalam konteks keluarga ini, hubungan suami-istri dalam rumahtangga bukanlah hubungan antara tuan dan pekerjanya, tetapi hubungan yang saling bersahabat dan saling menolong satu sama lain. Allah Swt. Berfirman:
 “Hai orang-orang yang beriman, jagalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka.” (QS at-Tahrim [66]: 6).

Ketiga, solusi masyarakat. Kehidupan masyarakat, kata Nabi, seperti sekelompok orang yang mengarungi lautan dengan kapal. Jika ada seseorang yang hendak mengambil air dengan melobangi kapal dan tidak ada orang lain yang mencegahnya, niscaya yang tenggelam adalah seluruh penumpang kapal. Hal ini menunjukkan betapa besarnya pengaruh anggota masyarakat terhadap kehidupan masyarakat secara umum. Masyarakat yang para anggotanya mengembangkan bibit-bibit depresi, jika dibiarkan, akan melahirkan masyarakat yang depresi. Sebaliknya, warga masyarakat yang menumbuhsuburkan kebaikan akan mewujudkan masyarakat yang juga baik. Oleh sebab itu, agar masyarakat memiliki daya tahan dalam menghadapi depresi/stress sosial harus ada upaya untuk menumbuhkan solidaritas dan kepedulian sosial; menciptakan atmosfir keimanan; serta mengembangkan dakwah dan amar makruf nahi mungkar.

Keempat, solusi negara/pemerintah. Pemerintah memiliki peran yang cukup besar dalam menciptakan depresi di tengah-tengah masyarakat ataukah tidak. Betapa tidak, di tangannyalah wewenang mengurusi rakyat berada. Baiknya manusia bergantung pada baiknya ulama dan penguasa. Sebaliknya, rusaknya manusia bergantung pada rusaknya ulama dan penguasa.

Pada mulanya, pemenuhan dan kesejahteraan manusia merupakan tugas individu itu sendiri dengan cara bekerja. Jika ia tidak dapat memenuhinya maka negara wajib menyediakannya. Islam telah menetapkan aturan dari Allah Swt. yang wajib dilakukan oleh pemerintah demi terwujudnya kedamaian dan kesejahteraan masyarakat dan menjauhnya gejala depresi sosial dari mereka. Pemerintah wajib menunaikan kewajibannya untuk menjamin terpenuhinya segala kebutuhan pokok setiap individu masyarakat seperti pangan, sandang, papan, kesehatan, pendidikan, lapangan kerja, dan rasa aman.
Selain itu, negara wajib membina masyarakat dengan akidah Islam melalui sistem pendidikan Islam; mengatur media massa hingga tidak menyebarkan budaya hedonistik dan materialistik yang bersumber dari ideologi kapitalisme atau sosialisme; menerapkan hukum-hukum Islam secara total; serta mencampakkan akidah dan sistem kehidupan yang materialis dan sekuler. Hanya dengan sikap tegas dari penguasa untuk melakukan hal tersebut deprsei sosial dapat dicegah.

ibu zaman now sungguh jauh dari dekapan Islam. Al quran tak menghiasi dirinya, refleksi pancaran karakteristik jiwa seorang muslimah tangguh tak dapat dilihat sama sekali. Sosok ibu yang seharusnya lembut menjadi sosok yang kasar, bahkan kejam. Karena ia tak memiliki ilmu bagaimana menjadi seorang ibu. Ia menjadi wanita yang bodoh, tak tahu harus melakukan apa. Ia pun membuat pilihan yang keliru. 

Sungguh, tanpa bekal ilmu dan keimanan yang kuat kepada Allah dan Alam Semesta, sosok ibu hanya menjadi wanita biasa tanpa kualitas mumpuni dalam menjalankan perannya. Sosok ibu seperti itu lupa bahwa kita hidup ini memang untuk mendapat ujian oleh Allah. Semua ujian inilah yang akan menentukan derajat kehidupan kita kelak di akhirat jika kita mampu menghadapinya. Wallahu alam.

Post a Comment

Previous Post Next Post