Masjid itu Suci

By : Jumhuria Mansyur

Saudaraku seiman yang insyaAllah dirahmati Allah, tempat ibadah adalah salah satu tempat sakral bagi sebagian kaum. Masjid adalah tempat ibadah bagi kaum Muslim, gereja juga merupakan tempat ibadah bagi kaum Nasrani, Vihara adalah tempat ibadah kaum Budha dan untuk kaum Hindu adalah Pura. Di tempat-tempat ini para kaum baik muslim, nasrani, budha dan hindu melakukan aktivitas keagamaannya masing-masing.

 Kejadian aneh terjadi di Palembang Sumatera Selatan tepatnya di kecamatan Gandus pada  Minggu (27/10/2019). Kejadian yang meresahkan warga sekitar masjid Jami ini bermula karena ada kejadian seseorang berpakaian putih yang terekam cctv masuk ke dalam masjid dan melemparkan kotoran manusia. Pelemparan kotoran manusia ini mengenai isi dalam masjid di syaf perempuan. Tindakan pelaku yang tidak terpuji ini membuat warga dan pengurus masjid Jami marah dan geram. Karena terekam jelas di cctv masjid, warga langsung melaporkan perkara ini ke pihak kepolisian. 

Dengan kejadian ini, jelas Allah SWT akan menegur dan melaknat perbuatan tidak terpuji karena tidak mengindahkan rumahnya (masjid) seperti tertera dalam firmannya yang berbunyi "Dan siapakah yang lebih aniaya daripada orang yang menghalang-halangi menyebut nama Allah dalam mesjid-mesjid-Nya, dan berusaha untuk merobohkannya? Mereka itu tidak sepatutnya masuk ke dalamnya (masjid Allah), kecuali dengan rasa takut (kepada Allah). Mereka di dunia mendapat kehinaan dan di akhirat mendapat siksa yang berat. (QS. 2, Al Baqarah:114)". Tidak sepantasnya kita melakukan kebiadaban seperti ini jika masih ingin mecari ridho Allah SWT. Ancaman yang diberikan Allah SWT ini bukan hanya didunia bahkan sampai di akhirat.
Sahabatku Allah SWT sangat mencintai hamba-hambaNya yang memuliakan masjid sesuai dengan sabda nabi kita nabi Muhammad Saw, "Dan siapapun yang membangun masjid dengan tulus lillah,  walau kecil, sekecil sarang burung, atau bahkan lebih kecil, niscaya Allah bangunkan untuknya istana di surga. (HR: Ibnu Majah dan lainya)"
Kemuliaan ini merupakan hadiah paling indah baik didunia bahkan di akhirat. Saudaraku kita perlu menjaga tempat ibadah kita terutama masjid karena tempat ini merupakan tempat yang paling indah untuk mengabdi, beribadah, melantunkan, mengkaji kalamullah, dan bermunajah kepada Allah. Jadi tidak sepantasnya kita melakukan kebiadaban apapun di dalamnya karena masjid ini adalah tempat yang suci terbebas dari hadas dan najis.
Semoga hati kita selalu bergetar dan condong untuk memuliakan masjid, memakmurkannya, menjaganya, dengan cara sholat, membaca Alquran, proses belajar-mengajar mengaji untuk anak-anak kita dan senantiasa berzikir serta beribadah yang lainnya. Aamiin ya rabbal Al-Amin.

Post a Comment

Previous Post Next Post