Cegah Kebakaran Hutan, Babinsa Kenalan Gelar Patroli Bersama Di Taman Nasional Gunung Merbabu

PAKIS - Koramil 08 Pakis Kodim 0705/Magelang menerjunkan Babinsa Desa Kenalan untuk melaksanakan patroli rutin dan pengawasan serta memberikan imbauan kepada masyarakat wilayah binaan, dalam upaya mengantisipasi bahaya kebakaran hutan kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu yang masuk wilayah Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang.

Kali ini sebagai langkah antisipasi dan cegah dini terjadinya peristiwa kebakaran hutan dan lahan dikawasan Gunung Merbabu, dimana kebakaran hutan sudah terjadi di kawasan Gunung Sumbing beberapa waktu lalu.

Komandan Koramil 08 Pakis Kapten Cpl Bambang Masrukin dalam rilisnya menyampaikan kegiatan itu bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang bahayanya membakar lahan pada saat musim kemarau.

"Sehingga mengurangi keinginan warga untuk membakar lahan dan hutan, juga mencegah terjadinya musibah kebakaran," ucapnya, Minggu (18/08).

Adapun dalam pelaksanaannya dilakukan langsung oleh Babinsa Desa Kenalan Serma Anjik Kristianto yang telah memberikan arahan dan tehnis cara pemadaman api kepada 10 anggota Relawan yang tergabung dalam Tim SAR SEMESTA Desa Kenalan Pakis yang sudah terbentuk pada 2018, serta bekerjasama dengan warga setempat supaya ada kesiapsiagaan bilamana musibah kebakaran itu terjadi.

Selanjutnya, kesiapan alat sangat penting seperti kendaraan roda 2 maupun roda 3, mesin pompa, selang, ember dan alat penembak api.

Secara teknis anggota Tim SAR SEMESTA sudah siap bilamana musim kemarau panjang datang dan siap memadamkan api bila terjadi kebakaran lahan dan hutan di Gunung Merbabu.

“Selain melaksanakan patroli, Babinsa juga melakukan sosialisasi dan himbauan kepada warga yang memiliki kebun dan ladang, agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Resort Wekas Taman Nasional Gunung Merbabu, Nur Khojin (47) sangat bersyukur dan berterimakasih kepada anggota Koramil 08 Pakis yang telah bersedia memberikan arahan dan bimbingan serta himbauan kepada para relawan SAR SEMESTA dan warga, sehingga dengan adanya kegiatan ini dapat mengantisipasi cegah dini apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan.(R08)
Previous Post Next Post