N3 Payakumbuh - Hasil dari upaya penggalangan dana bantuan sekitar 2 hari dari para majelis guru, pegawai dan siswa, siang ini Selasa (23/10) sekitar pukul 11.00 WIB, keluarga besar MTsN 2 Payakumbuh bertolak  salurkan donasi bantuan senilai Rp. 2,070.000 ditambah beras dan 8 paket pakaian layak pakai ke Posko bencana longsor Lintau Buo.

Pendistribusian bantuan dikoordinir langsung Kepala MTsN 2 Payakumbuh Yenni Fitri diwakili Waka Humas Sofia Hamdani bersama Kaur TU Murda Ayudi menggunakan bus madrasah yang disopiri Surya. Ikut dalam rombongan tersebut majlis guru, mahasiswa PL dan komite.

Setelah menempuh perjalanan yang berkelok dan tanjakan sekitar 1,5 jam, tibalah rombongan di Jorong Ranah Batu kenagarian Tanjung Bonai Kec. Lintau Buo Utara, setelah sebelumnya rombongan numpang shalat Dzuhur di Mesjid Nurul Yaqin Muhammadiyah Batu Banyak.

Di posko pengumpulan bantuan yang terletak di seberang Mesjid Hidayatul Abidin Jorong Piubah, rombongan disambut walinagari bersama jorong dan tokoh masyarakat

"Assalamu 'alaikum wr. wb Bapak dan Ibu, kami dari keluarga besar MTsN 2 Payakumbuh ikut berduka atas musibah yang melanda sauadara kita di sini. Semoga kita diberikan ketabahan,"salam pembuka silaturahim Waka Humas Sofia Hamdani didampingi rombongan.

"Ini ada sedikit bantuan ala kadar yang kami coba galang di madrasah, semoga bisa membantu. Kalau sedikit mohon dimaksimalkan saja,"pungkas Sofia Hamdani mewakili.

"Terima kasih keluarga besar MTsN 2 Payakumbuh. Beginilah cobaan iman yang kami alami, hanya dalam beberapa menit saja longsor dan lumpur berat landa kampung kami," bercerita Walinagari Tanjung Bonai Lutfi Dt. Majo Bosa melaui Kaur Ekonomi Nagari Rahmadeni didampingi Jorong Piubah

Diterangkan, dalam bencana longsor tersebut ada sekitar 8 rumah yang rusak berat. Selain itu juga menimbulkan korban jiwa sebanyak 4 orang warga Tanjung Bonai dan 2  warga dari Kabupaten Limapuluh Kota. Semua korban sudah ditemukan, sekarang PR besar adalah membangun kembali kampung yang sudah berantakan. Daerah kami saat ini termasuk zona merah bencana, kala hujan kami mulai khawatir. Alat berat dari pemerintah daerah sudah dikerahkan. Serta berbagai bantuan juga telah kami distribusikan. Sekali lagi terima kasih," pungkas Rahmadeni.

Dalam waktu bersamaan juga tampak datang bantuan dari perantau Rokan Hulu peduli Lintau.

Setelah mohon pamit kepada tokoh masyarakat, rombongan MTsN 2 Payakumbuh mencoba meninjau dan melihat langsung lokasi bencana longsor dan air bah Lintau Buo. (Rahmat Sitepu)
 
Top