Komisi II DPRD Kota Padang Berkunjung ke PT Semen Padang



Menurut Direktur Utama Yosviandri, di tengah persaingan yang tajam industri persemenan nasional, perseroan saat ini sedang giat memperdalam dan memperluas pasar di Sumatera. “Dalam holding Semen Indonesia Group, PT Semen Padang mendapat penugasan untuk fokus menggarap pasar Sumatera. Di Sumatera PT Semen Padang masih menjadi market leader dengan market share di atas 42- 44 persen,” katanya.

Yosviandri  mengakui, sebagai dampak persaingan dalam lima tahun terakhir kinerja PT Semen Padang mengalami penurunan. “Saat ini PT Semen Padang juga menghadapi sejumlah tantangan, diantaranya over supply dimana rata–rata produksi semen hanya diserap sebesar 66 persen. Sekarang industri semen Cina tengah gencar masuk dan melakukan penetrasi ke pasar Indonesia. Termasuk ke wilayah Sumatera,” ujarnya.

Menurut mantan Direktur Pemasaran PT Semen Indonesia, PT Semen Padang harus terus berupaya untuk menghadapi tantangan tersebut dengan meningkatkan daya saing. “Di balik tantangan itu perseroan  juga memiliki peluang yang harus dimanfaatkan dengan baik,” katanya.

Salah satu peluang tersebut adalah pembangunan jalan tol Padang – Pekanbaru sepanjang 140 km yang akan digarap PT Hutama Karya dan peluang program dana desa di Sumatera Barat yang nilainya mencapai Rp 40 miliar yang digunakan untuk pembangunan fisik yang pasti membutuhkan semen.

“Manajemen PT Semen Padang berharap dapat melewati tantangan dan mampu menangkap peluang – peluang tersebut sehingga kembali bisa survive di tengah sengitnya persaingan,” kata Yosviandri.

PT Semen Padang adalah perusahaan semen pertama di Indonesia dan Asia Tenggara berdiri sejak 18 Maret 1910 di Kota Padang. BUMN ini pada 2017 memproduksi semen sebanyak 7,4 juta ton dan mencatatkan laba bersih sebesar Rp 498,76 miliar lebih. Laba 2017 ini turun dari laba tahun 2016, sebesar Rp 723 miliar.
Yosviandri mengatakan seharusnya Padang lebih maju dengan visioner jauh ke depan penuh semangat. PAD bergantung pada produksi juga meningkat dan sejalan dengan kontribusi untuk Kota Padang. 1500 pegawai dan outsourshing dengan jumlah yang sama menjalankan manajemen PT SP.

Jika market menurun maka sangat berdampak bagi kelangsungan hidup mereka yang bekerja di sini. Dirut juga minta bantuan pada wakil rakyat jika ada produk semen lain beredar di sini. Dirut menyambut baik atas kesediaan wakil rakyat sebagai pemasar semen Padang mempromosikan produk kebanggaan sendiri pada berbagai kesempatan. Patut diapresiasi segala sesuatunya dimulai dengan cara yang berbeda.
Yosviandri sendiri  sebelumnya kerja di perusahaan oil dan gas dan sudah merasa nyaman disana. Ternyata ada permintaan untuk mengabdi di kampung sendiri. Dengan tekad dan kerjasama berbagai pihak maka kekuatiran selama ini diharapkan bisa teratasi. UPZ PT SP terbaik di Indonesia disamping CSR.

Provit CSR sebesar Rp 600 miliar, angkanya tidak terlalu besar namun masih bisa untuk memberi bantuan secara proporsional. Forum Nagari yang dibentuk bisa membuat program sendiri dan dibantu anggaran untuk pembangunannya.
Previous Post Next Post