Lurah Jangan Hanya Dibelakang Meja


Nn, Padang -- Seorang pamong,  khususnya lurah harus merakyat atau dekat dengan masyarakat, serta mampu memotivasi warga ikut berpartisipasi mendukung pembangunan. Disamping itu Lurah jangan hanya dibelakang meja, tetapi harus intensif berinteraksi langsung dengan warganya.

Hal itu disampaikan Wakil WaliKota Padang H. Mahyeldi Ansharullah, SP, saat membuka  “Diklat Peningkatan Kinerja, Mindset dan Komunikasi Lurah se-Kota Padang,  yang akan berlangsung  sampai 10 Mei 2012, di Hotel Rocky.). Juga hadir Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Padang Drs. H. Hiptonius Damanhuri, M.Si dan Kepala Bidang Diklat Drs. Fitri, M.Pd.

Kata Mahyeldi, lurah adalah aparatur pemerintah terdepan dalam memberikan pelayanan terhadap asyarakat. Disamping itu, para lurah sudah semestinya menyadari bahwa daya kritis masyarakat dalam menilai kinerja pemerintah semakin tajam dan terorganisir, maka sudah menjadi kewajiban bagi pemerintah untuk mengedepankan pelayanan kepada publik.

Mahyeldi mengatakan,  kedepan lurah harus mampu merubah pola pikirnya, jangan hanya berprinsip bahwa selama ini bekerja mencari uang, jabatan, pangkat dan kedudukan, rubahlah dalam memiliki prinsip bahwa “bekerja karena ibadah.

Disamping itu juga rubahlah pola berpikir linier ke sistem, berfikir bagian ke menyeluruh, berfikir objektif ke hubungan, dan berfikir hirarki ke jaringan serta berfikir srtuktur ke proses. Maka,  melalui diklat inilah Lurah dapat dipercaya sebagai ujung tombak Pemerintahan terdepan khususnya dilingkungan Pemko Padang, ujar Mahyeldi.

Manfaatkanlah Diklat ini dengan sebaik mungkin, jangan hanya sekedar diikuti, jadikanlah diklat ini sebagai bentuk tanggung jawab pribadi ke instansi serta terhadap masyarakat. Lurah harus mampu menjadi pembaharu di kelurahan dengan mengajak masyarakat mendukung Visi dan Misi Kota Padang yang Kujaga dan Kubela ini.  Maka Kota Padang selaku Ibu Kota Propinsi yang hancur dan sembarawut akibat Gempa 2009 kemarin dapat tertata rapi dengan baik dan sejahtera dan menjadi kota percontohan dari segala aspek, tambah mahyeldi. Hms
Previous Post Next Post