Gubernur Sumbar Resmikan Pra Manunggal TNI

Nn, Padang -- Gubernur Provinsi Sumatera Barat Prof. Irwan Prayitno meresmikan kegiatan Pra Manunggal Tentara Membangun Desa (TMMD) Tahun 2012, di Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Dihadiri Walikota Padang DR. H. Fauzi Bahar, M. Si, Muspida Prov. Sumbar dan Kota Padang, Kepala SKPD, tokoh masyarakat dan ratusan anggota TNI/ Polri, PNS dan masyarakat setempat.

Masyarakat Kota Padang betul- betul menyambut antusias kegiatan manunggal TNI tersebut, karena akan membuka jalan baru sepanjang 13,6 Km x 36 meter dari kawasan Bungus Teluk Kabung sampai ke kawasan Padang Besi Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan, dikerjakan selama 3 bulan.

Sebelumnya, Sabtu (3/3), juga diadakan syukuran di kawasan Padang Besi Indarung dengan menyemblih seekor sapi dan masyarakat menyampaikan ucapan rasa syukur atas dimulainnya kegiatan TMMD tahun 2012. Juga dihadiri langsung Walikota Fauzi Bahar, Camat Luki Andree, tokoh masyarakat setempat, dan Dandim 0312 Padang.

Sedangkan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) akan meresmikan kegiatan manunggal tersebut awal Mei 2012, dan akan dihadiri para petinggi Mabes TNI dan Pangdam I Bukit Barisan, karena kegiatan ini termasuk besar di jajaran TNI. Dengan dukungan dana sebesar Rp27,5 Miliar. Yaitu dari APBD Provinsi Rp20 Miliar dan dari APBD Kota Padang Rp7,5 Miliar. Namun juga akan diupayakan untuk pematangan jalan tersebut dari APBN, ujar Gubernur Irwan Prayitno.

Irwan Prayitno memberikan apresiasi kepada Walikota Fauzi Bahar atas prakarsa tersebut bersama Dandim 0312 Padang. Sehingga nantinya akan mampu membuka ketelisoliran di dua kawasan tersebut. Bahkan bisa membawa hasil ladang dengan lancar ke pasar.

Ia berharap kegiatan manunggal tersebut jangan hanya mengandalkan tenaga TNI/ Polri, tetapi harus melibatkan masyarakat secara total. Sehingga kegiatan tersebut bisa membuahkan hasil yang maksimal secara cepat dan tepat. Kalau ada masyarakat yang tidak mendukung, kita secara bersama- sama harus meyakinkan akan arti penting pembangunan jalan baru tersebut, pinta Irwan.

‘’Saya sebagai gubernur tentu hanya mendorong bagaimana rencana besar itu cepat selesai, tentu sepenuhnya peran ninik mamak, alim ulama dan cerdik pandai yang lebih memegang peran’’, ujarnya.

Sementara Walikota Padang Fauzi Bahar mengatakan, bahwa kegiatan manunggal TNI ini merupakan salah satu program Pemko Padang yang memprioritaskan pembangunan prasarana transportasi untuk membuka akses perhubungan dan mengurangi kecamatan transportasi di Padang.

Karena bila jalan itu nanti terbuka tentu kendaraan dari arah Indarung menuju Bungus Teluk Kabung dan Pessel, Jambi dan seterusnya bila melewati kawasan tersebut. Sehingga kemacetan yang selama ini selalu terjadi bisa teratasi.

‘’Kita menyadari bahwa jalan yang dibangun tersebut memerlukan banyak pengorbanan, seperti tanah, bangunan, tanaman dan yang lainnya. Tetapi yakinlah setelah selesai kita akan memperoleh manfaat yang sangat besar, termasuk kelipatan harga tanah yang semakin selangit’’, tegas Fauzi Bahar.

Selain itu yang tak kalah pentingnya yaitu akan semakin meningkatnya perekonomian masyarakat di dua kecamatan tersebut, yaitu Kecamatan Bungus Teluk Kabung dan Lubuk Kilangan Kota Padang.

Walikota menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada masyarakat yang telah dengan ikhlas menyumbangkan tanahnya dan kepada berbagai pihak untuk pembangunan jalan baru tersebut, semoga Allah SWT akan membalas kebaikan tersebut.

Kegiatan TMMD ini merupakan kegiatan skala besar yang melibatkan personil cukup besar, yaitu TNI/Polri mencapai 295 orang setiap hari dan ditambah 100 orang setiap hari dari PNS dan masyarakat.

Sementara dari masing- masing SKPD di Kota Padang juga akan memberikan dukungan kegiatan tambahan sesuai dengan Tupoksi masing- masing. Seperti kegiatan rehab rumah miskin, pelayanan kesehata/ KB, pemutaran film pembangunan, pemberian benih ikan, penghijauan dan pembinaan industri rumah tangga. Wako juga berharap dengan manunggal, silaturahmi antar sesame warga juga semakin meningkat dan berkembang dengan baik. Hms

Post a Comment

Previous Post Next Post