Perusahaan Besar Nasional dan Mancanegara Incar Lulusan ATIP

M. Arifin, SE.MM

 
SEMENJAK berdirinya pada tahun 1974, Akademi Teknologi Industri (ATIP) Padang yang berada dibawah naungan Kementrian Perindustrian RI, terus memfokus diri terhadap pengembangan dan pembangunan intelektual siswa. Hal ini dirasakan sendiri oleh para lulusan atau almamater ATIP sendiri. Karena setiap siswa yang dihasilkan dari lulusan ATIP,  selalu menjadi rebutan dalam dunia usaha. 

Pertumbuhan ini terus mengalami perkembangan yang pesat, apalagi lima tahun terakhir, ATIP mengalami kemajuan yang signifikan dalam seluruh aspek. Meningkatnya infrastruktur pendidikan dengan mengadopsi teknologi terbaru dan intensitas mahasiswa baru yang terus bertambah setiap tahunnya, sebagai bukti ke eksistensian ATIP yang kian dikenal luas Badan Usaha Milik Daerah dan Badan Usaha Milki Negara maupun perusahaan swasta yang berminat kepada serapan lulusan ATIP.

Menurut Direktur ATIP, M. Arifin, SE.MM yang dilantik pada 28 September 2006 silam, kualitas ATIP sudah teruji dan mempunyai prospek yang cukup bagus dengan memiliki kompetensi sesuai kebutuhan dunia kerja saat ini. Melihat dari peranan industri dalam pembangunan nasional yang kian meningkat, untuk itu SDM yang dibutuhkan memang harus mempunyai kompetensi di masing-masing bidang. 

Salah satu bentuk keberhasilan dengan telah menerapkan manajemen mutu dalam proses perkuliahan, ATIP berhasil meraih sertifikasi ISO 9001:2008. Bahkan, selain diserap dunia kerja, lulusan perguruan tinggi negeri yang beralamat di Jalan Bungo Pasang Tabing Padang ini, juga sukses membuka dan mengembangkan usaha mandiri. Kondisi tersebut tentunya tidak lepas dari berbagai terobosan yang dilakukan semenjak lima tahun terakhir ini. 

Memiliki tenaga pengajar yang berpengalaman di dunia pendidikan dan industri, program pembelajaran yang tertata baik sehingga mahasiswa dapat lulus tepat waktu, menyuguhkan fasilitas pembelajaran yang lengkap dan modern sehingga menciptakan mahasiswa kretaif dan inovatif dalam proses pembelajaran, terciptanya suasana belajar yang kondusif dengan atmosfir akademik yang kuat, lingkungan kampus yang tampak asri nyaman dan aman untuk mengenyam pendidikan, semua itu merupakan wujud dari keberhasilan ATIP dalam menciptakan lulusan siap pakai yang tidak terlepas dari berbagai keunggulan yang dimilikinya.

Indra Amin, M.Si
Pembantu Rektor I ATIP Padang Indra Amin, M.Si turut menambahkan, didalam penyelenggaraan pendidikan, ATIP selalu berorientasi pada kompetensi lulusan sehingga cepat diserap pasar kerja di berbagai sektor. Menuangkannya pada aplikasi, workshop, dan praktikum di laboratorium serta langsung ke industri, kampus ini sekarang telah didukung oleh staf pengajar dengan latar belakang pendidikan Magister (S-2) dan Doktor. 

Didirikannya Bungo Pasang Technology Business Incubator (BPTBI) sejak tahun 2009 lalu, ATIP sangat memiliki ciri khas yang berbeda dari perguruan tinggi lainnya yang disediakan bagi tamatan perguruan tinggi yang ingin membuka dan mengembangkan usaha di bidang pengolahan pangan dan industri agro, serta menjadi partner pemerintah dalam mengembangkan industri kecil dan menengah (IKM) di Provinsi Sumbar.  Keberadaan inkubator bisnis ini, tentunya sangat bermanfaat bagi upaya penciptaan wirausaha yang handal dan mandiri oleh perguruan tinggi.

Sebagai salah satu unit pendidikan di lingkungan Kementrian Perindustrian, ATIP juga diberi amanah untuk mendidik dan menghasilkan Tenaga Penyuluh Lapangan Industri Kecil dan Menengah (TPL  IKM). Setelah lulus , para TPL kemudian dikontrak selama dua tahun dan akan ditempatkan ke Kab/Kota. “Mereka nantinya akan diterjunkan ke lapangan untuk mendampingi IKM agar bisa maju, dan membantu mengatasi persoalan yang dihadapi IKM, termasuk masalah dalam hal permodalan,” jelasnya.

ATIP merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi negeri yang melaksanakan jalur pendidikan vokasi dan berorientasi pada praktik industri. Semua program studi sudah terakreditasi B. setiap lulusan perguruan tinggi yang didirikan semenjak tahun 1974 ini, dibekali ilmu pengetahuan dan teknologi praktis, sehingga mampu mengelola mutu berbagai produksi industri dan manufaktur. Lulusan tidak hanya disiapkan mampu memenuhi kebutuhan pasar kerja, tapi juga disiapkan menjadi pengusaha atau bisnisman. 

Maka dari itu, guna mencapai tujuan tersebut, kurikulum ATIP diperbaharui dan disesuaikan dengan sektor industri, sehingga kualitas lulusan lebih kompetitif dalam menghadapi pasar global. Bertolak dari misi tersebut, merupakan suatu hal yang wajar apabila alumni ATIP selalu jadi incaran perusahaan besar yang tersebar diseluruh Indonesia, bahkan negara tetangga Malaysia sekalipun.

Berdasarkan semua hal yang telah dipaparkan tersebut diatas, Akademi Teknologi Industri Padang (ATIP) yang beralamat jalan Bungo Pasang, Tabing Padang membuka penerimaan mahasiswa baru dengan pilihan jurusan/program studi (semua telah terakreditasi B), yakni Teknik Kimia, Sistem Produksi Industri, Manajemen Industri, serta Kimia Analisis.
 
Fasilitas Pendidikan
                                                                                                                                                                                                  Ruang Kuliah ber-AC. Laboratorium Teknik Kimia, Kimia Analisis, Instrumentasi dan Pangan. Laboratorium Komputer. Workshop. Laboratorium Simulasi Bisnis. Laboratorium Tata Cara dan Ergonomi. Perpustakaan. Mushalla. Inkubator Bisnis. Sistem Administrasi Akademik (online). Free Hotdpot Area (Internet Gratis). Gedung Serbaguna.
 
Peluang Kerja Lulusan ATIP
                                                                                                                                                                                      Industri Semen. Industri Pupuk. Industri Kimia. Analisis Laboratorium. Wirausaha Mandiri. Instansi Pemerintah. Perusahaan Perminyakan, dll.

Telepon: 0751-7055053, Fax: 0751-41152. Website: www.atip.ac.id

Post a Comment

Previous Post Next Post