Abdi Yusran,SH. Nakhodai Karang Taruna Kabupaten Pasaman masa bakti 2021 - 2026


Pasaman - nusantaranews net,

Bupati Pasaman H Benny Utama, menantang para generasi muda yang tergabung dalam organisasi Karang Taruna di daerah itu, mampu menjadi agen perubahan dalam sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Hal itu ia sampaikan melalui Kepala Dinas Sosial setempat, Amdarisman, saat membuka secara resmi kegiatan Temu Karya Karang Taruna dan pengukuhan pengurus baru masa bakti 2021 - 2026 di Hotel Equator Lubuksikaping, baru-baru ini. 

"Dengan terbentuknya kepengurusan yang baru inj dimana selama hampir tujuh tahun lamanya terjadi kevakuman, tentu menjadi sinyal dan energi baru bagi generasi muda untuk tumbuh dan berkembang," sebutnya. 

Ia mengatakan adapun yang menjadi arah pembinaan adalah bagaimana membangun karakter generasi muda daerah itu menjadi pemuda yang dapat membawa perubahan terutama dibidang sosial ditengah kehidupan masyarakat sekarang.

"Bupati berharap kaum muda Pasaman bisa ditunggu kehadirannya untuk berperan aktif dalam pembangunan," kata Amdarisman. 

Sementara itu, Kepala Bidang Sosial, Desirwan Indra, menyampaikan Dinas Sosial Kabupaten Pasaman sudah menyiapkan program pelatihan untuk karang taruna pada 2022 nanti. 

Untuk sementara, terangnya, pelatihan diberikan kepada Ketua dan Sekretaris Karang Taruna baik kabupaten maupun kecamatan dengan materi pelatihan meliputi penguatan kelembagaan dan organisasi.

"Kita juga akan menyurati pihak Pemerintah Nagari kiranya dapat mengalokasikan dana desa untuk pembiayaan kegiatan Karang Taruna di Tingkat Nagari, " sebutnya. 

Hal itu, lanjutnya, sesuai dengan yang diamanatkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Pemendagri) nomor 18 tahun 2018 yang menegaskan organisasi Karang Taruna merupakan salah satu lembaga yg wajib ada di tingkat Desa atau Nagari. 

"Artinya secara aturan pihak Pemerintah Nagari pun wajib menyiapkan anggaran untuk itu, "sambung Bung Iwan.

Menanggapi hal tersebut, Ketua terpilih Abdi Yusran yang juga menjabat sebagai Walinagari Air Manggis ketika dijumpai awak media mengatakan, Program jangka pendek yang akan dilaksanankan adalah membentuk kepengurusan bagi kecamatan atau nagari yang belum dibentuk struktur organisasinya. 

"Program jangka panjang yakni membantu program pemerintahan Kabupaten Pasaman melalui Karang Taruna,"tutupnya.( In Psm).

Post a Comment

Previous Post Next Post