Kakanwil Kemenag Sumbar "Kepala Madrasah Harus Tingkatkan Prestasi"


Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah (K2MTs) merupakan salah satu wadah dalam meningkatkan mutu pendidikan Madrasah setingkat Tsanawiyah. Untuk terus memberikan inovasi dalam pendidikan maka K2MTs mengadakan Rapat Koordinasi yang dilaksanakan di MTsN 4 Padang Pariaman, Selasa (30/11).

Menurut Ade Pabrian, Ketua K2MTs se Sumbar menjelaskan bahwa adanya rakor ini selain untuk menyampaikan berbagai informasi juga untuk menjalin silaturahmi dan mempererat kekuatan K2MTs sehingga mampu mwningkatkan mutu pendidikan dengan cara melihat kelebihan dan kekurangan Madrasah dimana tempat rakor dilaksanakan.

“Rakor ini dilaksanakan dua bulan sekali dengan lokasi yang dipergilirkan dengan tujuan sebagai study banding bagi Madrasah kita dan untuk berikutnya dilaksanakan di bulan Februari,” terang Ade Pabrian.

“Dan kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Muzakar Kepala MTsN 4 Padang Pariaman sebagai tuan rumah yang sudah menyuguhkan hal yang terbaik untuk kegiatan ini,” tutup Ketua K2MTs se Sumbar ini.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Padang Pariaman, H. Syafrizal dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Kepala MTs 4 Kab. Padang Pariaman, Muzakar menjadi pencetus pertama pelaksanaan Rakor K2MTs ini selama masa pandemi covid 19.

Kakan Kemenag dalam sambutannya menginformasikan terkait pelaksanaan BAN (Badan Akreditasi Nasional) bahwa jika ada Madrasah yang  nilainya tidak cocok dengan perkiraan boleh protes dalam jangka 15 hari, kemudian jika ada perbaikan Data Madrasah bisa dilakukan untuk dua tahun keatas.

Kakan Kemenag menekankan, “Kepala Madrasah harus bisa terus meningkatkan Prestasi dengan inovasi sehingga mampu menjadi juara baik tingkat Kabupaten, Kota, Nasional bahkan hingga Internasional, maka Rakor ini menjadi ajang silaturahmi untuk saling bertukar informasi dan inovasi.”

Sementara Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Helmi hadir membuka kegiatan tersebut mengawali sambutannya dengan mengapresiasi seluruh civitas MTs 4 Kabupaten Padang Pariaman sebagai tuan rumah pelaksana Rakor ini.

“Kepala Madrasah adalah sumber insipirasi yang sudah banyak melakukan inovasi dan banyak memberikan pretasi sehingga saat ini Madrasah sudah tidak lagi menjaring Murid tapi sudah Menyaring Murid,” jelasnya.

“Dengan kita mendapatkan input yang bagus karena tugas pendidikan itu adalah mengembangkan potensi peserta didik secara maksimal, inputnya bagus sudah terseleksi  dan prosesnya bagus maka output akan semakin bagus,” terangnya lagi.

“Dua kunci dalam meningkatkan mutu pendidikan Madrasah di Masa Pandemi Covid 19 sesuai tema Rakor kita kali ini adalah, pertama berteman dengan Kominfo, ini terkait masalah jaringan karena proses pembelajaran saat ini juga secara online, kedua berteman dengan perpustakaan, yaitu dengan memperkaya literasi,” jelasnya lebih lanjut.

“Semoga dengan Rakor ini mampu melahirkan hal hal positif untuk lembaga kita, untuk pendidikan dan juga untuk masyarakat sehingga masyarakat menaruh harapan pada lembaga pendidikan Madrasah kita,” ulasnya lagi.

“Saya mohon kepada kita semua agar tetap menjaga nama baik lembaga dan nama baik pribadi, karena Kita ASN  Kementerian Agama itu hidup ibarat aquarium yang dilihat oleh orang lain dan menjadi contoh, maka ketika hendak melakukan sesuatu orang orang akan langsung menilai dan akan sangat cepat tersebar, untuk itu ketika bertindak ingatlah bahwa kita berada dibawah naungan lembaga Kementerian Agama maka jaga Sikap dan Moral,” pesan Kakanwil menutup arahannya.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumbar, H. Syamsul Arifin, Kakan Kemenag Kab. Padang Pariaman, H. Syafrizal, Kakan Kemenag Kota Padang Panjang, H. Alizar Chan, dan Camat Patamuan yang diwakili Sekretaris Camat Zahidin Bakri.

Post a Comment

Previous Post Next Post