GOODBYE BAU BADAN


Oleh : Hawilawati, S.Pd
(Muslimah Peduli Generasi)

Ketika anak sudah memasuki usia baligh, tentu mengalami perubahan pada level berpikirnya, juga perubahan pada fisiknya.

Yup, fase baligh untuk meningkatkan percaya dirinya, tak jarang dengan selalu menjaga performance-nya, juga bau badannya.

Hmm, dulu masih anak-anak, badan khas banget dengan aroma segar minyak telon atau minyak kayu putih.

Kini perlahan aroma itu berganti dengan parfum aroma aneka bunga, harum semeriwing. Namun beberapa jam kemudian, kembali asal bau badannya tercium.

Bau badan bukan tanpa sebab, selain malas mandi, pemilihan sabun yang tidak tepat, penyebab lain yang tak boleh dibiarkan adalah  karena keasaman tubuh. Tubuh yang asam memiliki PH asam dibawah 7, sementara normalnya PH tubuh manusia sekitar 7,4 dan PH basa berada diatas angka 7.

Pada prinsipnya, tubuh manusia  dibagian dalam adalah basa lemah atau alkali lemah. Sedangkan di bagian luar, seperti di kulit, berada pada kondisi PH asam.

Tubuh asam diakibatkan pola makan. Lebih dominan mengonsumsi makanan asam ketimbang basa.

Makanan asam berasal dari yang mati yaitu hewani seperti aneka daging unggas, daging sapi dan lain-lain. Sementara makanan basa bisa diperoleh dari jenis makanan yang hidup (nabati) seperti aneka sayur (daun, umbi  ,batang atau bunganya) dan buah-buahan.

Jika bau badan fase baligh  remaja mulai tercium, harus dikroscek lagi bagaimana pola makan di rumah atau di asramanya (bagaimana varian makanan sehari-harinya, sudah  diperkaya dengan sayur mayur dan buahkah?) dan yang lebih dominan bagaimana jajanannya,  umum-nya lebih cenderung asal enak namun miskin nilai gizi.

So, bagaimana untuk menghilangkan bau badan jika kerap kali muncul ?

Yang harus kita lakukan adalah menyeimbangkan PH tubuh.
diantaranya dengan minum air yang baik yang bersifat basa/alkali  atau air zamzam yang tidak diragukan lagi memenuhi kriteria air yang paling baik. Paling mudahnya mengonsumsi sayuran dan buah-buahan setiap hari, insya Allah tanpa ketergantungan parfum dan deodoran maka badanmu akan tetap terjaga alias goodbye bau badan.

Yuk jaga pola makan keluarga, sehingga pola makan anak-anakpun terjaga dan sehat (agar mereka suka sayur dan buah, maka diawali dari pola makan keluarga dulu, jangan harap anak suka sayur dan buah, namun ibu hanya memasak jenis makanan mati saja atau yang kering-kering saja tanpa variasi sayur). Kelak mereka akan melahirkan generasi yang sehat dan cerdas karena dari bibit yang sehat.

Post a Comment

Previous Post Next Post