LEBARAN DIGITAL : DAKWAH TETAP JALAN, SAMBUT KEMENANGAN

By : Karina Larasati
Mahasiswi

Si Kecil Virus COVID-19 tak mengurangi semangat kaum muslim menyambut bulan Ramadhan. Lebaran digital menjadi inovasi baru untuk menjalin ukhuwah serta menyebarkan kebaikan melalui dunia maya ditengah terbatasinya kegiatan fisik sebagai upaya pencegahan penyebaran pandemi COVID-19. Tepatnya akun Youtube “Khilafah Channel” menyelenggarakan live streaming Lebaran Digital dengan tema Bahagia dalam Kemenangan, Semangat dalam Dakwah yang diikuti oleh 25ribu lebih penonton pada hari Senin (25/05). Live streaming yang berjalan kurang lebih 3 jam itu turut serta diramaikan secara online oleh kaum muslim dari 34 Provinsi. 

Pemateri Utama Lebaran Digital ini merupakan guru-guru yang InsyaAllah dirahmati Allah yaitu KH. Rokhmad S.Labib dan KH. M. Ismail Yusanto dengan pemandu acara yang senantiasa membakar semangat dengan gaya khasnya yakni Karebet Wijaya Kusuma.

Diawali dengan pembukaan oleh host, kemudian dilanjutkan dengan lantunan ayat suci AL-Qur’an Al-Kariim. Pemateri pertama yakni KH. Rokhmad S.Labib menyampaikan kondisi ideal kaum muslim pasca bulan Ramadhan ialah yang senantiasa membawa keimanan yang berbuah taqwa pada seluruh perintah Allah serta larangan Nya. Karena beliau menyampaikan keberhasilan kaum Muslim mendapatkan berkah Ramadhan ialah tatkala pasca Ramadhan keimanan, ketaatan, ketaqwaan terus bertambah. Dan hal itu tidak bisa hanya dengan ibadah maghdoh (wajib) saja, melainkan dengan mengikuti seluruh aturan Allah tanpa terkecuali. 

MasyaAllah, semangat dan kebahagiaan pada hari raya Idul Fitri ini pun dirasakan oleh kaum muslim lainnya. Terlihat pada kaum muslim dari berbagai provinsi yang secara singkat turut menyampaikan rasa bahagia dan syukurnya dalam menyambut kemenangan yang telah dijanjikan oleh Allah akan agama Islam, serta semangat mereka untuk senantiasa melakukan aktifitas dakwah ke seluruh penjuru dunia.
KH. M. Ismail Yusanto sebagai pemateri kedua menyampaikan materi apik terkait #LebaranKitaIstimewa. Beliau mengatakan lebaran kali ini merupakan Rahmat Allah sebagai inkubasi spiritual karena kaum muslim dapat menjalankan ibadah maksimal di rumah, meningkatkan keimanan kepada Allah sembari berikhtiar menghindari virus Covid-19. Karena #LebaranKitaSpesial inilah kaum muslim hendaknya menyiapkan mental, fisik,dan ekonomi ditengah pandemi.

#LebaranKitaSpesial ini dirasakan oleh banyak kaum muslim yang turut menyapa pada live streaming dengan mengumandangkan takbir, mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri serta sambutan hangat mereka pada janji Allah akan tegaknya agama Islam melalui Khilafah yang akan menegakkan seluruh aturan Allah. 

Sehingga kaum muslim akan mencapai ketaqwaan yang menyeluruh dengan terlaksananya kewajiban bukan hanya pada tatanan individu, namun juga pada masyarakat yang bertaqwa dan juga negara yang menjamin terpenuhinya kebutuhan ummat.

Tentunya dengan adanya Virus COVID-19 ini kita dapat mengambil pelajaran bahwa upaya kita secara individu tidak akan cukup untuk melawan virus, melainkan pada tataran masyarakat yang taat pada aturan, dan negara yang bertanggungjawab penuh terhadap jaminan kesehatan rakyatnya. Dan semua itu hanya bisa dicapai dengan tegaknya Khilafah seperti yang telah Allah janjikan. 

Oleh karena itu hendaknya kaum muslimin dimanapun ia berapa, senantiasa berbahagia menyambut kemenangan ini, dan terus semangat dalam menyebarkan dakwah, beramar ma’ruf nahi mungkar. Allahu akbar!

Post a Comment

Previous Post Next Post