Pemprov Sumbar Gelar Latsar Bagi CPNS

ADVETORIAL BIRO HUMAS
PROV SUMBAR




Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sumatera Barat, DR. H. Jefrinal Arifin', S.H.,M.Si menggelar Pelatihan Dasar (Latsar), dan Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Bagi CPNS  adalah salah satu cara untuk menggiring setiap CPNS mampu menjalankan fungsinya sebagai abdi negara dengan baik.  Mereka diharapkan bisa melahirkan inovasi-inovasi baru untuk kemajuan daerah.

Dikatakannya, kegiatan ini menjadi agenda wajib untuk menggembleng para CPNS  memahami dan menjalankan tugasnya sebagai pelayan masyarakat. Tak hanya di lingkungan Pemprov Sumbar, tapi juga semua kabupaten/kota. Dalam proses ini, mereka diminta untuk bisa menampilkan sesuatu yang baru atau inovasi untuk kemajuan bidang mereka masing-masing. 


Dr. H. Jefrinal Arifin, SH, MS



Di tahun 2019, tak hanya jajaran CPNS  Pemprov Sumbar yang mengikuti Latsar dan Prajabatan ini, tapi juga semua kabupaten kota. “ Baru-baru ini kami bersama Pemkab Pesisir Selatan menutup Latsar dan latihan pra jabatan bagi CPNS Kab Pesisir Selatan. Di sana  ada sebanyak 251 CPNS yang telah dinyatakan lulus pelaksanaan Latsar dan Diklat Prajabatan tersebut. 

Pemasangan tanda peserta oleh kepala BPSDM Provinsi Sumbar

Sebelumnya juga dilakukan pembukaan latsar CPNS Pemprov Sumbar golongan III angkatan XIV dan XV dengan jumlah peserta 76 orang. “Kita berharap dari latsar ini akan lahir PNS yang profesional dalam bidangnya serta mampu berkontribusi positif untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat serta untuk kemajuan daerah,”sebut Jefri lagi

Penyampaian laporan penyelenggaraan Latsar  

Ia mengingatkan, PNS terikat dengan aturan peraturan perundang-undangan, disamping mempunyai hak dan kewajiban yang harus dipenuhi, ada tugas pokok dan fungsi yang harus dikuasai dengan baik dan benar. "Setidaknya ada tiga aspek yang dikuasai yakni; aspek teknis pelayanan, aspek manajemen pelayanan dan aspek integritas pribadi. Semua itu harus dipahami sehingga pengetahuan, keterampilan serta sikap perilaku dalam menjalankan amanah ini dapat dilaksanakan," tutupnya.
(ags)

Para peserta Latsar berfoto bersama usai acara pembukaan

Post a Comment

Previous Post Next Post