Pati, Puncak peringatan hari jadi Kabupaten Pati telah digelar pada hari ini Rabu tanggal 7 Agustus 2019 dimulai sekitar pukul 12.00 Wib di Pendopo Kemiri desa Sarirejo Kecamatan Pati Kabupaten Pati.
Kirab boyongan duplikat pusaka Kabupaten Pati Keris rambut pinutung dan khuluk Kanigoro dari pendopo Genuk kemiri menuju Pendopo Kabupaten Pati ini merupakan prosesi Hari Jadi Kabupaten Pati Ke-696 tahun 2019 untuk mengingatkan masyarakat Pati akan sejarah berdirinya Kabupaten Pati.
Sepanjang rute yang dilewati oleh rombongan kirab terlihat lautan manusia memenuhi sepanjang jalan/rute kirab prosesi hari Jadi Kabupaten Pati ke-696 mulai dari Pendopo Genuk Kemiri, Jalan Raya Sarirejo, Jalan Kembang Joyo, Klegen Kalidoro, Jalan Pantura, Jalan Pemuda, Pertigaan Taruna, Jalan Tombronegoro, alun- alun dan finish di kantor Kabupaten Pati.


Moment yang tergolong langka ini cukup menyedot perhatian dari masyarakat kabupaten Pati karena selain menampilkan berbagai macam kesenian yang berasal dari berbagai daerah bukan hanya dari Pati saja namun banyak peserta yang menampilkan kebudayaan dari daerah lain diluar kabupaten Pati.

fashion show juga ada dengan menampilkan berbagai pakaian yang unik yang menarik perhatian penonton, tidak sampai disitu saja, dalam kegiatan Kirab ini juga mendatangkan kendaraan yang dinaiki para pejabat di jajaran Kabupaten Pati ini khusus didatangkan dari Kabupaten Solo sebanyak lima Kereta Kencana lengkap dengan kudanya.  
Rombongankereta kencana yang berderet sepanjang rute kirab dengan urut-urutan paling depan adalah kereta yang ditumpangi Bupati pati beserta istri, disusul kereta wakil bupati beserta istri dan seterusnya sampai perhatian kita tertuju pada satu kereta yang ditumpangi pasangan yang sangat serasi yakni Komandan Kodim Pati Letkol Arm Arief Darmawan, S.Sos bersama ibu Respati Ayu Darmawan.
Tampak mengenakan pakaian adat pati yang serba hitam, dandim pati beserta istri melambaikan tangan kepada penonton yang memenuhi jalan yang dilewati rute kirab siang tadi.
Dengan senyum yang selalu mengembang  sehingga tidak memperlihatkan kelelahan sedikitpun walaupun kegiatan menjelang HUT Kabupaten Pati yang dirangkai dengan HUT Kemerdekaan RI pada tahun 2019 ini sangat padat sehingga bisa dikategorikan spektakuler dan paling meriah dibanding dengan tahun-tahun lalu.
Tiba di alun-alun pati, rombongan kirab menuju finish di pendopo Kabupaten pati untuk mengikuti prosesi selanjutnya  yang dibuka dengan persembahan tari gambyong kemudian dilanjutkan dengan acara protokoler yang dipimpin MC, serah terima duplikat pusaka dari Bupati kepada Sekda, dilanjukan dengan prosesi jumenengan.
Tiba dipenghujung acara Kirab yakni ditutup dengan kegiatan "Pati Street performing Carnival"  yang menampilkan fashion unik dan kesenian tradisional dari berbagai daerah di Pati dan sekitar Kabupaten Pati.(snpt/Pendim)
 
Top