Expo Ternak 2019 Dibuka Bupati Didampingi Kasdim 0718/Pati



Pati - Bertempat di  Lapangan Sebelah Timur Taman Kota Kalidoro Pati  berlangsung Lomba Ternak dan Peternakan Ekpo tingkat Kabupaten Pati tahun 2019 dalam rangka HUT ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia dan HUT ke 696 Kota  Pati. Sabtu ,03/08/2019.

Kegiatan Exspo Ternak Sapi Dan Kambing Dihadiri oleh Jajaran Forkopimda dan SKPD yang antara Bupati Pati  H. Haryanto SH, MM, M.Si,  Wakil Bupati  H. Saeful Arifin SE, Kasdim 0718 Pati Mayor Inf Much Sholihin, S.Ag, M.Si, Wakapolres Pati  Kompol M Ifan Hariyat T SH, SIK,  Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Jateng  yang diwakili Agus Sucipto S.Pt, M.Si,  Kajari Pati  Dedy Koesmono, Kepala Dinas Pertanian Kab. Pati  Ir. Mucktar Effendi MM,  Komisi B DPRD Kab. Pati,  Muspika Kec. Pati,  Kabid, Kasi dan Kasubag Dispertan Kab. Pati,  Mantri dan tenaga Medis hewan,  Peternak Peserta Lomba.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov Jateng  yang diwakili oleh Bapak Agus Sucipto S.Pt, M.Si menyampaikan Pemerintah lebih mengutamakan bibit lokal agar keanekaragaman ternak yang ada ditanah air terjaga dengan mengembangkan Sumber Daya Genetik Hewan.   Untik ternak di Jateng sendiri memiliki  10 Jenis Sapi unggulan sehingga perlu adanya pengelolaan dalam pembibitan agar tetap terjaga keberadaannya.
“  Dengan momen kontes ternak ini merupakan bentuk apresiasi kepada peternak serta memberi motivasi peternak untuk berkarya dan pelaku usaha peternakan makin sejahtera,” Ungkap Agus Sucipto S.Pt, M.Si

 Bupati Pati H.Haryanto SH, MM, M.Si mengatakan perlunya pembimbing dan motivasi agar para peternak lebih mengembangkan peternakannya sehingga mampu bersaing dengan wilayah lain.
Dengan adanya lomba ini Dinas peternakan Kab. Pati berupaya untuk memotivasi kepada para peternak untuk kesejahteraan para peternak di Kabupaten Pati dalam segi ekonomi.
 “ Tidak hanya sapi dan kambing, peternak ayam juga bisa memberi pemasukan daerah Kabupaten Pati yang cukup besar, untuk itu Dinas Peternakan harus lebih berperan aktif memberikan sosialisasi kepada para peternak,” Ujar Bupati


Kasdim 0718/Pati Mayot Inf Much Sholihin, S.Ag. M.Si yang ditemui  mengatakan bahwa kegiatan ini saat tepat menjelang Idul Adha, sehingga masyarakat dapat mengetahui hewan yang sehat untuk Korban Idul Adha.
" Ini merupakan moment yang tepat untuk mempromosikan hasil ternak dari para peternak di Kabupaten Pati menjelang hari Idul Adha nanti," Ungkap Kasdim.



Dalam giat lomba dibagi dalam 9 Kategori sebagai juara yaitu :

a. Kategori Sapi Induk :
1. Janawi
2. Surat
3. Kadiru

b. Kategori Sapi Calon Induk :
1. Parmin
2. Sapawi
3. Santoso

 c. Kategori Sapi Pejantan :
1. Faiz
2. Suwarji
3. Abdul Hamid

d. Kategori Calon Sapi Pejantan :
1. Sukari
2. Saroji
3. Jumadi

 e. Kategori Sapi Eksotis :
1. Anita
2. Imam Samudra
3. Wahyu

f. Kategori Kambing Induk :
1. Zaeni
2. Mulyono
3. Karbin

g. Kategori Kambing Calon Induk :
1. Karbin
2. Suyoto
3. Safin

h. Kategori Kambing Pejantan :
1. Safin
2. Zaeni
3. Sutris

i. Kategori Kambing Calon Pejantan :
1. Safin
2. Jahirin
3. Susilo

Sebagai Ketua Dewan Juri dalam kegiatan Lomba Peternakan adalah Ir.Purwanto dan Anggota Ir Sudaryanto MSi, Andi Hirawadi Spt MM, Suntoro S.Pt, drh. Any Setiyowati, drh Riyanto. (mhd/solpdmpati)
Previous Post Next Post