ADVETORIAL BIRO HUMAS PEMPROV SUMBAR

Gubernur Sumbar Irwan Prayito Bersama Wakil Gubernur Nasrul Abit
Kepala BPSDM Sumbar,Dr. H. Jefrinal Arifin, SH, MSi hadiri dan mengucapkan selamat kepada CPNS yang telah lulus dan diangkat sebagai CPNS dilingkungan Pemerintah Kota Padang pada pembukaan Pelatihan Dasar (Latsar) golongan III CPNS Pemprov Sumbar  angkatan XIV dan XV. Kegiatan itu diselenggarakan oleh  BPSDM Provinsi Sumbar, dari tanggal 4 Agustus sampai 7 Oktober 2019 nanti, ucapnya dihadapan 76 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemprov Sumbar mengikuti seminar tersebut.

Sebagai mana diketahui, perjuangan tersebut memakan waktu panjang dan melelahkan, mulai persetujuan dari Keman PANRB, pelaksanaan seleksi sampai perberkasan bahan ke BKN Regional XII Pekan Baru untuk proses penetapan NIP.

Dr. H. Jefrinal Arifin, SH, MSi
Pemasangan tanda peserta oleh kepala BPSDM Provinsi Sumbar Jefrinal menjelaskan, jabatan PNS masa sekarang merupakan profesi yang banyak diminati orang, apalagi pemerintah melalui peraturan perundang-undangan akan melahirkan rasionalisasi terhadap jumlah PNS melalui pembatasan dalam menerimaan baru.  "Seorang CPNS harus memakai  prinsip, profesional, integritas. Mengabdilah dengan serius," ujarnya.


Pemasangan tanda peserta oleh kepala BPSDM Provinsi Sumbar

Dikatakannya,  Latsar CPNS golongan III  diselenggarakan untuk membentuk PNS sebagai pelayan masyarakat yang profesional dan berkarakter."Sebagai calon CPNS, saudara harus menerapkan prinsip dan nilai-nilai CPNS yang disingkat dengan 'aneka' yaitu akuntabilitas, nasionalisme, etika publik, komitmen mutu, anti korupsi. kelima nilai ini harus diterapkan jika serius ingin menjadi PNS," ujarnya.


Penyampaian laporan penyelenggaraan Latsar  

Ia mengingatkan, PNS terikat dengan aturan peraturan perundang-undangan, disamping mempunyai hak dan kewajiban yang harus dipenuhi, ada tugas pokok dan fungsi yang harus dikuasai dengan baik dan benar. "Setidaknya ada tiga aspek yang dikuasai yakni; aspek teknis pelayanan, aspek manajemen pelayanan dan aspek integritas pribadi. Semua itu harus saudara pahami sehingga pengetahuan, keterampilan serta sikap perilaku dalam menjalankan amanah ini dapat dilaksanakan," tutupnya.
(ags)

Para peserta Latsar berfoto bersama usai acara pembukaan
 
Top