Dandim 0718/Pati


Pati- Berada dilokasi wisata Jollong dilereng gunung muria yang memiliki ketinggian 700 -- 900 MDPL tentunya  kita akan disuguhi pemandangan yang bernuansa pegunungan dengan lereng-lereng dan perbukitan yang memiliki suhu cukup adem pada malam hari sekitar 18 - 21 celcius, disinilah lokasi Jambore Satpol PP yang dibuka tadi pagi oleh sekda provinsi jawa tengah.
Setelah seharian dipenuhi dengan kegiatan dilapangan, tiba waktu malam hari dengan dinginya suhu di lokasi Agro Wisata PTPN IX Jollong 1 Dukuh Jurang Desa Sitiluhur Kecamatan Gembong Kabupaten Pati , para peserta jambore mulai pukul 19.30 wib sampai pukul 20.45 wib kegiatan berlanjut dengan pembekalan wawasan kebangsaan dengan tema "Satu tekad membangun bangsa" yang diikuti  380 orang, sebagai narasumber Letkol Arm Arief Darmawan, S.Sos Dandim 0718/Pati.
Para peserta tetap semangat ikuti kegiatan


Pembekalan tentang wawasan kebangsaan ini tidak hanya diikuti oleh para peserta jambore saja namun terlihat turut hadir dalam acara tersebut adalah, Danramil Gembong Kapten Kav Sukandar, Kasatpol PP Kabupaten Pati Hadi Santoso, Pasi Ops Kodim 0718/Pati Lettu Kav Budi Kariyadi, SE , dan para Pendamping kontingen dari tiap kabupaten/ Kota.

Dalam penyampaian Materi wawasan kebangsaan oleh Komandan kodim pati yang didahului dengan perkenalan singkat kemudian masuk materi serta menjelaskan pengertian tentang wawasan kebangsaan itu sendiri.

Inti materi dalam pembekalan diantaranya, penjelasan Wawasan kebangsaan merupakan cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dijelaskan pula tentang empat Pilar wawasan kebangsaan yang meliputi:  Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI harga mati.
Peserta Jambore Satpol PP KE-IX tingkat provinsi Jawa Tengah tahun 2019 (foto muhdi Pendim) 
Peserta Jambore Satpol PP KE-IX tingkat provinsi Jawa Tengah tahun 2019 (foto muhdi Pendim) 
Lebih lanjut Dandim pati menerangkan, "Pengertian empat Pilar Kebangsaan adalah tiang penyangga yang kokoh (soko guru) ini agar rakyat Indonesia merasa nyaman, aman, tentram, dan sejahtera, serta terhindar dari berbagai macam gangguan dan bencana," jelas Arif.

"Untuk itu para peserta jambore agar tahu dulu apa itu Makna Wawasan Kebangsaan bagi bangsa Indonesia salah satunya adalah Wawasan kebangsaan mengamanatkan kepada seluruh bangsa agar menempatkan persatuan, kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan,"

"NKRI yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur bertekad untuk mewujudkan bangsa yang maju, mandiri serta sejahtera lahir batin, sejajar dengan bangsa lain yang sudah maju, untuk itu mari kita sama-sama menjaga persatuan demi tetap tegaknya NKRI, singkirkan kepentingan pribadi dan golongan, mari kedepankan kepentingan yang lebih besar yaitu untuk Negara kita tercinta Indonesia," Pungkas Dandim.
(Muhdi.Snpt/Pen)
 
Top