N3 Payakumbuh - Melanjutkan tradisi tahun sebelumnya untuk menegakkan disiplin aparatur sipil negara (ASN) pada hari pertama masuk kerja pasca libur lebaran,  Walikota Payakumbuh mengumpulkan seluruh ASN dilingkungan Pemko dalam acara Apel Gabungan. Acara berlangsun halaman Balaikota, ex. Lapangan Poliko Senin (10/6). 

"Terima kasih telah hadir memenuhi kewajiban sebagai ASN untuk kembali bekerja selepas libur panjang lebaran. Dari laporan tadi hampir seluruh kita hadir, hanya sedikit sekali yang berhalangan karena alasan sakit dan cuti," ujar Walikota Riza Falepi didampingi Wawako Erwin Yunaz, Sekda Rida Anada dan para Asisten Setdako.

Pada kesempatan itu walikota mengajak para ASN untuk menjaga dan meningkatkan kinerja pelayanan di dinas masing-masing. Walikota meminta ASN Payakumbuh menjadi teladan dalam hal pelayanan publik. 

"Tingkatkan pelayanan, jangan sampai ada pelayanan yang mandek. Jika tidak bisa selesai segera koordinasikan dengan pimpinan, InsyaAllah akan ada jalan keluarnya," ujar Walikota. 

Walikota meminta agar pelayanan publik betul-betul diberikan secara merata kepada warga yang membutuhkan. "Jangan bedakan pelayanan antara orang kaya dengan orang miskin, semuanya harus sama-sama dilayani dengan baik," tegas Walikota.

Dikatakan, kedepan pelayanan publik yang diberikan Pemko Payakumbuh akan semakin baik dengan segera diresmikannya Mal Pelayanan Publik (MPP) yang berlokasi di Lantai 1 (satu) Balaikota. 

"Insyaallah dibelakang saya ini (lantai 1 Balaikota - red) akan beroperasi Mal Pelayanan Publik. Semua jenis layanan publik akan ada disini. Masyarakat akan semakin mudah berurusan. Hal ini harus dibarengi dengan profesionalitas kita selaku pelayan masyarakat, maka mari jaga dan tingkatkan," pesan Walikota Riza Falepi.

Diakhir, walikota Riza Falepi menyampaikan ucapan selamat lebaran sekaligus permohonan maaf kepada peserta apel. "Atas nama pribadi, keluarga dan Pemko Payakumbuh, kami menyampaikan minal aidin wal faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin, semoga amal ibadah kita selama bulan puasa diterima Allah," ucap Walikota Riza Falepi.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Rida Ananda mengambil laporan kehadiran ASN dari masing masing kepala perangkat daerah. Dikatakan, dari laporan yang masuk, kehadiran ASN Pemko cukup tinggi.

"Kami laporkan ke Bapak Walikota, Alhamdulillah kehadiran ASN kita cukup tinggi. Beberapa dilaporkan terlambat, karena adanya kemacetan diruas jalan Payakumbuh-Bukittinggi karena adanya musibah kecelakaan kendaraan di dekat PLTA Batang Agam kemarin," ungkap Sekda Rida Ananda. 

Ditambahkan, daftar hadir apel yang dibuat masing-masing perangkat daerah akan dikirimkan langsung ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB).

"Insya Allah jam 3 sore nanti, rekap absen kita kirim ke KemenpanRB, bagi yang tidak hadir tanpa keterangan akan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku," pungkasnya. (Rahmat Sitepu/rel)
 
Top