Keuchik dan Tuha Peut di Aceh Timur Ditempa Pembekalan Tugas


Teks Foto : Ir. M, Yasin staf Bupati Aceh Timur sedang menyematkan tanda peserta pada pelaksanaan pembekalan tugas bagi keuchik dan tuha peut di lingkup Kecamatan dalam wilayah kab atim.(ist)

Aceh Timur-NusantaraNews,Pemerintah Kabupaten Aceh Timur mengadakan kegiatan pembekalan tugas anggkatan I tahun 2019 kepada para keuchik dan Tuha Peut Gampong dalam ruang lingkup Aceh Timur. Acara tersebut berlangsung di Aula Kantor Camat Idi Rayeuk, Rabu, 19/6/2019.
Bupati Aceh Timur H. Hasballah Bin H. M. Thaib, SH dalam sambutan dan arahannya yang disampaikan Ir. M, Yasin staf Bupati mengatakan, bahwa untuk mencapai perubahan sistem pelayanan publik kearah yang lebih baik terhadap kualitas pelayanan publik ditingkat gampong serta untuk mempercepat jalannya fungsi pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, maka diperlukannya kemampuan manageral yang profesional dalam penyelenggaraan pemerintahan di tingkat gampong.

“Keuchik merupakan pimpinan pemerintahan terendah di tingkat gampong yang menjadi ujung tombak pelaksana pemerintahan, begitu juga halnya dengan perangkat tuha peut gampong yang memiliki tugas dan fungsi masing-masing,” kata M. Yasin.

Oleh karenanya, dengan adanya pembekalan tugas yang dilaksanakan ini dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan yang benar, yang nantinya dapat duterapkan dilingkungan gampong masing=masing sesuai dengan mekanisme aturan serta undang-undang yang berlaku,” sebut M. Yasin.

Pelaksanaan pembekalan tugas bagi keuchik dan tuha peut untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan di tingkat gampong maka dibutuhkan kerja keras kita bersama, sebagaimana yang kita ketahui pada saat ini gampong yang menjadi tolak ukur keberhasilan, kemakmuran serta kesejahteraan masyarakat mendapat peluang dan tantangan yang cukup besar dalam pengelolaan pemerintah di tingkat gampong,” demikian pungkas Ir. M. Yasin`
Sebelumnya, Rudi Alfiansyah, S.Sos.I bagian Pemerintahan Gampong dalam laporannya menyampaikan, adapun jumlah peserta sebanyak 60 orang peserta keuchik dan tuha peut dari lima kecamatan dalam wilayah kabupaten aceh timur. “Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung selama dua hari,” katan Rudi.

Adapun narasumber pada kegiatan pembekalan tugas kepada keuchik dan tuha peut ini adalah tenaga ahli dari unsur kejaksaan Negeri Aceh Timur, dan dari Pemerintahan Kabupaten Aceh Timur. “Setiap peserta diberikan alat tulis bahan-bahan materi dan komsusi,” terang Rudi.
Katanya pembekalan tugas ini bertujuan dalam rangka memfasilitasi secara teknis guna untuk meningkatkan kualitas sumber daya aparatur dilingkungan pemerintahan gampong dalam penggunaan dana desa dan dana gampong serta laporan kegiatannya,” demikian terang Rudi. (*).


Previous Post Next Post