Ramadhanpun Kembali Datang

Oleh : Ai Hamzah

Tidak terasa bulan yang dirindukan telah tiba. Bulan yang selalu dinanti bagi umat muslim dimanapun berada. Doapun dipanjatkan dari 2 bulan sebelum kedatangannya. Allahumma Bariklanaa fii Rajaba wa Sa'bana wa balighna Romadhonaa. Begitu kita panjatkan agar Allah sampaikan kita pada bulan Ramadhan. Sungguh penantian yang harus kita sambut dengan suka cita dan bahagia ketika Allah sampaikan kita ke bulan ini.

Tahrib Ramadhan dalam menyambut kedatangannya digelar oleh umat muslim, baik dari sekolah, komunitas dan kelompok masyarakat. Makan bersamapun digelar oleh sebagian kalangan masyarakat, berkumpul bersama saudara, handai taulan, sahabat, kerabat dengan ditutup saling memaafkan, saling melepas kesalahan. 

Tiba saatnya penentuan Rukyatul Hilal, diberbagai tempat dipantau untuk memastikan terlihatnya hilal/bulan sebagai penentuan masuknya bulan Ramadhan untuk berpuasa keesokan harinya. Ketika tersebar info telah terlihat hilal disuatu tempat, syukur tak terhingga karena Allah pertemukan kembali pada bulan suci penuh berkah, tempat berlimpah pahala yaitu Ramadhan. Ramadhanpun disambut dengan rasa haru, senang dan gembira beraduk menjadi satu.

Syukur dipanjatkan, sebagai tanda bahwa Alhamdulillah Allah pertemukan kita kembali dengan bulan Ramadhan. Rasa syukur ini haruslah menjadi cambuk bagi kita, untuk mengoptimalkan hari demi hari selama Ramadhan. 
Disebutkan dalam kitab Majmu'af Ahbab, dari Ubadah bin as Shamit dari Muhammad SAW, bahwa ketika memasuki bulan Ramadhan, beliau berdoa: " Ya Allah berilah keselamatan kepadaku untuk (melengkapi) Ramadhan. Berilah kesejahteraan Ramadhan untukku dan terimalah ibadah Ramadhan dariku".

Begitulah Rosullullah suri tauladan mengajarkan, berdoa ketika memasuki bulan Ramadhan sebagai tanda bahwa kita adalah mahluk Allah yang tidak berdaya. Sehingga memanjatkan doa untuk keselamatan, kesejahteraan dan ibadah selama Ramadhan. Bagaiamana dengan kita??

# RamadhanBulanPerjuangan.
# RamadhanTingkatkanKetaatan.
# RamadhanBerkahBagiNegeri.
# RamadhanDiBogor.

Post a Comment

Previous Post Next Post