Oleh : Ai Nuryani
Ibu Rumah Tangga

Juru bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi Maruf, Ace Hasan Syadzily mengatakan kekhawatiran Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) soal konsep kampanye akbar Prabowo-Sandiaga Uno menjadi kenyataan. Kubu Jokowi menilai kampanye Prabowo ekslusif dan kental politik identitas, serta tidak mencerminkan kampanye Nasional yang  inklusif seperti yang di harapkan SBY.

"Terlihat jelas kubu 02 ingin menonjolkan penggunaan politik identitas yang memobilisasi sentimen pendukung."kata Ace lewat keterangan tertulis pada Ahad, 7 April 2019.Menurut Ace, konsep kampanye Prabowo seperti ingin mengulang sentimen gerakan 212 mulai dari shalat shubuh berjamaah,orasi politik yang di bungkus taushiah sampai dengan seruan membaca fatwa MUI."Walaupundi bungkus dalam bahasa taushiah, orasi politik nya penuh dengan bahasa kebencian dan permusuhan dengan pak Jokowi, bahkan orasi Rizieq Shihab kembali membangun framing kubu 02 kalah karena di curangi". ujar politikus golkar ini.

Politik seringkali di nilai sebagai sesuatu yang buruk, kotor, bahkan jahat.Padahal dengan politik,keadilan bisa di wujudkan.Dengan politik juga kesejahteraan masyarakat akan bisa di dapat.Islam bukan hanya agama ritual melainkan agama ideologi yang memiliki tatanan yang sempurna. Karena nya, Islam mengatur seluruh aspek kehidupan baik urusan keluarga, tata kemasyarakatan, prinsip pemerintah dan hubungan Internasional.

Islam dan politik adalah dua hal yang integral oleh karena itu, Islam tidak bisa di lepaskan dari aturan yang mengatur urusan masyarakat dan negara, sebab Islam bukanlah agama yang mengatur ibadah secara individu saja. Namun Islam juga nengajarkan bagaimana bentuk kepedulian kaum muslim dengan segala urusan umat yang menyangkut kepentingan dan kemaslahatan mereka, mengetahui apa yang di berlakukan penguasa terhadap rakyat, serta menjadi pencegah adanya kadzhaliman oleh penguasa.Rasullullah dan para sahabat pun berpolitik, Rasulullah pernah bersabda:" Barangsiapa di pagi hari perhatian nya kepada selain Alloh, maka Alloh akan berlepas dari orang itu. Dan barangsiapa di pagi hari tidak memperhatikan kepentingan kaum muslim, maka ia tidak termasuk golongan mereka (kaum muslim)."

Maka jika ada yang mengatakan bahwa Islam tidak usah berpolitik, adalah salah besar karena berpolitik adalah hal yang sangat penting bagi kaum muslim. Jadi kita harus memahami betapa pentingnya mengurusi  urusan umat agar tetap berjalan sesuai dengan syariat Islam.Terlebih lagi memikirkan atau memperhatikan urusan umat Islam hukumnya fardhu (wajib). Sayangnya di jaman ini banyak masyarakat yang anti dengan politik. Dalam pandangan masyarakat, politik di anggap sebagai sesuatu yang berbau kelicikan, kebusukan, serta pandangan negatif lainnya.

Jadi sudah di pastikan bahwa berpolitik itu di halalkan karena memiliki pengaruh  besar dalammempertahankan ajaran Islam di suatu negara asalkan tetap memegang teguh prinsip-prinsip Islam. Maka hanya dengan menegakan Syariat Islam lah semua bisa terwujud. Dan di bawah naungan khilafah hidup sejahtera.
Wallahu’alam Bi Shawwab.
 
Top