Waaster Kasad Meninjau TMMD Mentawai

Mentawai ---Wakil Asisten Teritorial Kepala Staf AD (Waaster Kasad) Brigjen TNI Gathut Setyo Utomo,  meninjau lokasi kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 Tahun 2019 di Wilayah Kodim 0319 Mentawai, Senin (18/3). Hal itu dilakukan dalam rangka Pengawasan dan Evaluasi (Wasev). 

Dalam kesempatan itu Gathut mengapresiasi semangat Satuan Petugas (Satgas) TMMD yang sudah bekerja keras untuk mencapai target dari kegiatan tersebut. Menurutnya kegiatan TMMD di Kepulauan Mentawai telah memenuhi Standar Operasi Prosedur (SOP). 

"Untuk di Mentawai, kegiatan TMMD ini, tampaknya sudah memenuhi SOP dan bahkan sudah melebih indeks prestasi Kodim setempat, namun kalau bisa lebih cepat, lebih baik, apa lagi, kegiatan yang dilakukan adalah menerobos jalan baru, dimana kegiatannya harus menggunakan alat berat, karena dibatasi oleh waktu," ungkapnya. 

Ia menyebutkan secara umum program TMMD merupakan upaya membantu pemerintah daerah dalam melakukan percepatan pembangunan, khususnya di daerah yang minim infrastruktur jalan, di sisi lain TMMD merupakan wujud komitmen dari motto dari TNI yakni "Bersama Rakyat TNI Kuat". Untuk itu dalam kegiatan TMMD, selain kegiatan fisik seperti membangun jalan, perbaikan rumah ibadah, dan pembangunan jamban, juga ada kegiatan non fisik, misalnya membangun komunikasi sosial dengan masyarakat. 

"Minimnya sarana dan prasarana, sehingga menghambat proses kemajuan suatu daerah, harapan kita dengan adanya program TMMD yang berkonsentrasi pada pembangunan infrastruktur jalan di daerah-daerah tertinggal dan terisolir, maka semua daerah menjadi terbuka dan endingnya pada peningkatan kesejahteraan masyarakat ," tuturnya. 

Ia menyebutkan secara nasional kegiatan TMMD hanya bisa dilakukan sekali dalam kurun waktu 4 tahun di satu wilayah Kodim, dimana tahun berikutnya mungkin dilaksanakan di wilayah Kodim lain. Untuk melanjutkan kegiatan tersebut bisa dilakukan melalui kegiatan kerja bhakti dalam skala besar, tinggal bagaimana kerja sama antara Kodim dengan Pemerintah setempat. 

"Terima kasih kepada Pemda Mentawai yang telah mendukung kegiatan TMMD Ke 104 di wilayah Kodim 0319 Mentawai, seterusnya kepada masyarakat yang ikut terlibat dalam kegiatan ini, hingga kegiatan TMMD ke 104 berjalan lancar tanpa ada hambatan yang berarti," pungkasnya. 

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Dandim 0319 Mentawai Letkol Czi Didid Yusnadi menyampaikan progres kerja selama tiga minggu berjalannya kegiatan TMMD tersebut, Satgas TMMD telah membuka jalan 5 Km, yang menghubungkan Desa Bukit Pamewa dan Desa Betumonga Kecamatan Sipora Utara.

"Kita bersyukur atas kerja sama yang baik dengan semua pihak terkait, kegiatan pembukaan jalan baru sudah mencapai target yaitu 5 Km menuju Desa Betumonga, kurang lebih 12 Km lagi akan tembus ke Desa Betumonga, tentu ini menjadi target kita berikutnya," paparnya. 

Kunjungan kerja Jenderal bintang satu tersebut didampingi oleh Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet, Pj. Sekda Mentawai, Unsur Forkopimda Mentawai, Sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemkab Mentawai, Camat Sipora Utara, serta Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) yang hadir di Kabupaten Kepulauan Mentawai. 

Post a Comment

Previous Post Next Post