N3, Aceh Timur - Nusantaranews, kegiatan Ngobrol Kantibmas Bersama Kapolres Aceh Timur AKBP Wahyu Kuncoro, S.IK, MH, Dalam Rangka Menciptakan Pileg Dan Pilpres pada Tahun 2019 Yang Aman Damai Dan Sejuk , bertempat di Paste Kopi, Jln. B. Aceh  - Medan, Kec. Idi Rayeuk Kabupaten. Aceh Timur hari ini Senin 14/1/2019.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh
Kapolres Aceh Timur AKBP Wahyu Kuncoro, S. IK, MH,Wakapolres Aceh Timur Kompol Warosidi, SH, MH,Kabag Sumda Polres Aceh Timur Kompol Sri Sujarwo Kasat Intelkam Polres Aceh Timur, Suryo Sumantri Darmoyo, S.H, S. I. K Kasat Reskrim Polres Aceh Timur ,AKP Erwin Satrio Wilogo, S.H, S.I.K, M.Si Perwakilan Kapolsek jajaran Polres Aceh Timur, dan turut hadir Para Calon Legeslatif (Caleg) DPRA dan DPRK Kab. Aceh Timur. Tim ses caleg DPRA dan DPRK.

Adapun rangkaian kegiatan yaitu penyampaian dan tanya jawab di antaranya sbb:Kapolres Aceh Timur, AKBP Wahyu Kuncoro, S.IK, MH,Dalam kegiatan ini kami laksanakan bukan adanya kepentingan tapi kami ingin pelaksanaan Pileg dan Pilpres berjalan dengan aman damai dan sejuk dalam kegiatan kunjungan para caleg yang berpotensi konflik saya harapkan bapak/ibu memberitahukan kepada kami sehingga tidak terjadi hal - hal yang tidak di inginkan di lapangan.

Sekali lagi saya harapkan kepada bapak/ibu para caleg agar terbuka sehingga setiap ada gangguan tidak langsung masuk ke Medsos sehingga kesanya kami polisi apatis menanggapi permasalahan, saya harapkan di sini keterbukaan para caleg sehingga kami dapat memberikan pengamanan untuk upaya pencegahan dini,Dalam pemakain Geget (Hp). 

Saya harapkan bapak/ibu jangan menyebarkan berita Hoax (Ujaran kebencian) yang belum tentu kebenaranya untuk memenangkan suatu kompetesi dalam pileg di Aceh Timur, karena akibat berita Hoax ini akan merugikan caleg itu sendiri sehingga akan berurusan dengan hukum,Untuk stiker mobil yang penuhi gambar caleg ke seluruh badan mobil tetap akan di lakukan penilangan bila ada di temukan di lapangan, sebab kami di sini mengacu pada peraturan UU yang berlaku.

Caleg dari Partai Nasdem, Nyak Musa Husen, SE  mengatakan Kami sangat bangga dengan di laksanakan kegiatan ini karena saya sudah  2 (Dua)  kali mengikuti caleg dan pada hari ini baru ada di laksanakan pertemuan caleg yang di motori bapak Kapolres Aceh Timur,saya sangat mendukung seperti yang bapak sampaikan tentang pengamanan para caleg ujarnya,Saat ini suasana di pileg tahun  2019 situasi sementara ini masih kondusif, tidal seperti pada pileg  2014 yang lalu tapi saya harapkan walaupun sementara situasi kondusif kami sangat mendukung program tentang pengamanan para caleg di wilayah Kabupaten Aceh Timur ujar nyak Musa.

 hal seperti ini juga diungkapkan oleh Caleg dari PPP, Gajali Usman alias Ayah,Saya orang lama dalam politik di Kabupaten Aceh Timur saat ini, mendukung program Kapolres Aceh Timur tentang pengamanan para caleg, selama ini kita temukan di lapangan adanya sepanduk yang di rusak tapi bukan spanduk saya pak,  saya harapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan pengamanan yang lebih baik lagi baik caleg maupun APK para caleg.  b. Dalam hal ini semoga ke depan pileg 2019 berjalan dengan aman dan damai atas dukungan bapak Kapolres Aceh Timur beserta jajaranya demikian.

Kasat Reskrim Polres Aceh Timur, AKP Erwin Satrio Wilogo, S.H, S.I.K, M.Si mengatakan bahwa Sesuai dengan setiap  pelanggaran pemilu kami membentuk Tim hukum namanya GAKUMDU,seperti pengrusakan spanduk  dengan di sengaja segera bapak ibu/ibu laporkan melalui Panwaslih sehingga kami dapat  memproses tentang pengrusakan tersebut.
Gakumdu adalah lembaga hukum yang di bentuk secara  bersama yang terdiri dari Polres, Kajari dan Panwaslih Aceh Timur.

Kasat Intelkam Polres Aceh Timur, Suryo Sumantri Darmoyo, S.H, S. I. K, juga menyebutkan bahwa Dalam setiap melaksanakan kegiatan para  Caleg agar segera di laporkan kepada kami dengan mekanisme membuat Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) dari Kepolisian berdasarkan PP Nomor 63 tahun 2017 tentang cara perijinan dan pengawasan kegiatan keramaian umum, kegiatan masyrakat lainya dan kegiatan politik, sehinggga bila ada kendala di lapangan kami dapat mengatasinya,Bila bapak/ibu tidak membuat SKT pada saat ada kegiatan para caleg kalau ada gangguan kami tidak mengetahui tapi bila bapak/ibu membuat STTP kami dapat mengatasi bila ada gangguan dan kami menjadi paling terdepanuntuk mengamankanya.

Untuk pembuatan STTP bila dalam kegiatan tersebut berjumlah di atas 30 orang, jadi bila bapak/ibu hanya melapor ke Polsek hal tersebut tidak bisa kerena Polsek tidak berwenang dalam pembuatan STTP, tujuan pembuatan STTP untuk mengantisipasi pelaksanaan kegiatan sehingga berjalan dengan aman.

Untuk melaksanakan kegiatan di rumah caleg tidak di larang serta tidak melanggar kampanye dan untuk caleg DPRK maupun DPRA boleh bergabung dalam pelaksanaan kampanye  dengan caleg dari DPR RI demikian ungkapnya.

Caleg partai PDA Tgk. Abdullah Abidin, yang saya tanyakan berapa batasnya bila pertemuan yang harus membuat surat STTP di Polres Aceh Timur. Apakah boleh kami dalam kegiatan keramaian para caleg tidak di melaporkan ke Polres tapi hanya ijin Ke Kapolsek saja Pak.

Caleg dari Partai SIRA, Asminar :
Apakah boleh setiap caleg melaksanakan kampanye di rumah caleg dan apakah hal tersebut tidak melanggar peraturan kampanyeApakah boleh celeg bergabung dengan caleg  DPR RI pada saat pelaksanaan kampanye.

Terkait dengan acara yang dilaksanakan hari ini Caleg dari Partai Aceh (PA),  Nurdin :
Saya harapkan kepada rekan jurnalis dalam penulisan berita agar hal ini di lakukan secara seimbang agar tidak terjadi berita Hoax yang berkembang di lapangan sehingga hal ini dapat merugikan caleg.
Seperti baru - baru ini ada media Online yang memberitakan berita yang belum tentu kebenaranya sehingga dalam hal ini saya harapkan di sini untuk para rekan - rekan media dalam setiap membuat berita harus seimbang.

Caleg dari partai Golkar Syamsul Bahri :
Untuk pemakain spanduk yang di tutup penuh dalam seluruh badan mobil saya berharap kepada bapak Kapolres Aceh Timur agar tidak di tilang, sehingga kami tidak mengalami kendala bila saat berkampanye nanti,Saat ini kebetulan  Tim  sudah membalut penuh mobil kami dengan stiker dari caleg kami yang di usung oleh partai Golkar demikian ujarnya.dengan Acara selesai pukul 12.30 Wib, dalam keadaan aman dan tertib di lanjutkan foto bersama dengan para Caleg.(Hasbi Abubakar)

 
Top