N3 Payakumbuh -- Di saat jutaan ummat berbondong-bondong memadati kawasan monumen nasional (Monas), Jakarta dengan tajuk Reuni Alumni 212, ratusan warga Kelurahan Padang Tinggi Piliang, Kecamatan Payakumbuh Barat juga tidak kalah aksi. Minggu (2/12), mereka berkumpul di RT. 03/ RW. 05 menggelar aksi gotong royong (Goro) bersama dalam rangka mengisi kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) yang telah dicanangkan beberapa waktu lalu. 

"Kita sengaja memilih momentum 212 ini untuk menggelar Goro BBGRM di tingkat kelurahan, disamping momennya unik,  kebetulan juga bertepatan dengan hari libur kerja, jadi partisipasi warga bisa lebih banyak," ujar Lurah Padang Tinggi Piliang, Firdaus Sawir saat dihubungi disela-sela kegiatan Goro. 

Dikatakan Firdaus, pada kesempatan Goro tersebut pihaknya bersama warga lebih fokus kepada pembersihan saluran air, baik irigasi,  selokan, got, dan saluran air lainnya. Menurutnya, disamping mengantisipasi terjadinya banjir,  saluran air yang lancar juga akan meminimalisir timbuhnya berbagai bibit penyakit. 

"Kita fokus membersihkan saluran air yang ada di kelurahan,  khususnya di kawasan RW 5 ini, sebab kita tidak ingin saluran air yang mampat bisa menimbulkan banjir ditengah musim penghujan saat ini," beber Firdaus. 

Dari pantauan dilapangan, tidak hanya diikuti kaum bapak, para ibu-ibu, remaja dan anak-anak pun turut berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan Goro tersebut. (Rahmat Sitepu)
 
Top