Salaman Magelang -- Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Koramil 20/Salaman Kodim 0705/Magelang untuk mendapatkan simpati dan respon bukan sesuatu hal yang mudah, di tengah - tengah Masyarakat yang serba modern saat ini, berbagai cara dan metode lakukan untuk dapat respon dan simpati dari wilayah binaannya.

Menurut Sertu Huda "Tidak semudah  membalikan telapak tangan menjalin hubungan yang erat dan dan penuh keakraban dengan semua masarakat yang berada di wilayah binaannya saat melakukan komunikasi sosial (Komsos) dengan para Warga dan Masyarakat sekitar kawasan Desa Paripurno kecamatan Salaman yang menjadi daerah binaan saya" ucapnya

Sebagaimana diketahui, komsos bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi, menyamakan persepsi serta kerjasama yang erat dalam rangka mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat.

"Selain itu, tujuan komsos untuk mendekatkan Babinsa dengan warga masyarakat guna menumbuhkan hubungan emosional antara TNI dan masyarakat serta sebagai wahana untuk melakukan giat monitoring wilayah. Disamping itu, komsos pun sebagai sarana untuk memantau situasi di wilayah binaan," ujarnya.

Sebagai seorang Babinsa terutama di wilayah pedesaan, kata sertu Huda, harus bisa membangun Komsos yang kuat dan erat dengan masyarakat berbagai elemen guna mewujudkan tugas pokok TNI AD di Komando Kewilayahan.

"Komunikasi perlu dibangun untuk menumbuhkan kebersamaan dengan seluruh elemen tokoh masyarakat Desa Paripurno," paparnya.

Babinsa, merupakan ujung tombak satuan dilapangan. Maka, imbuhnya, dengan adanya Babinsa yang berada di tengah-tengah desa binaan, diharapkan setiap terjadi permasalahan sekecil apapun segera diketahui dan diselesaikan secara kekeluargaan.

Koordinasi dengan aparat terkait pun, akan selalu dilakukan sehingga apabila terjadi suatu permasalahan diwilayah cepat teratasi dan tidak berkembang. Kegiatan komsos, merupakan cerminan  kepedulian seorang Aparat Teritorial kepada masyarakat tanpa pamrih.jelas Huda. (red)
 
Top