Mahasiswa UIN Imam Bonjol  juga terjun langsung ke lapangan bersama prajurit TNI Satgas TMMD Ke-103 Kodim 0311/Pessel
dalam rangka KKN.

Mahasiswa tersebut, tidak hanya mengadakan penelitian di Nagari Lakitan Tengah  guna melengkapi ilmu yang mereka peroleh dibangku kuliah. Namun mereka terjun langsung ketengah-tengah masyarakat dalam pengimplementasian ilmu yang diperoleh selama dibangku kuliah.

Dengan bergabung mereka dalam kegiatan fisik maupun non fisik TMMD ke 103 Kodim 0311/Pessel ini, maka pengerjaan program TMMD baik multi sarasan tersebut akan lebih ringan. Sebab mereka juga turut andil dalam pembangunan masyarakat seutuhnya.

“Dengan bergabungnya rekan-rekan Mahasiswa maupun Mahasiswi ini murni untuk kepentingan sosial kemasyarakatan, melalui pendekatan kepada masyarakat. Dan dengan bergabungnya mereka bersama TNI, juga akan dapat meringankan penkerjaan TNI dalam TMMD ini, dikarenakan mereka turut serta dan ambil bagian dalam setiap kegiatan” ujar Kapten Inf Rudy Saragih Pasiter Kodim 0311/Pessel


Setelah mereka mengetahui kondisi riil lokasi TMMD, maka para mahasiswa diharapkan dapat berkreasi sesuai bidangnya masing-masing untuk menularkan pengalamannya dalam kehidupan sosial masyarakat.

”Saya baru kali ini berbaur dengan anggota TNI. Saya jadi tahu  kondisi bekerja disiplin ala TNI, sehingga kami juga bertambah pengalaman dengan bimbingan mereka” ujar Rahmad Hidayat, salah satu Mahasiswa UIN imam Bonjol.

“Selama berada di kampus, kami hanya mendapatkan materi kuliah yang lebih banyak bersifat teori saja. Karena itu diperlukan langkah nyata untuk mengaplikasikan, menyempurnakan dan menguji teori tersebut di lapangan,” pungkasnya.

Melalui TMMD ini, mahasiswa dapat menjadi pelopor dalam menggerakkan masyarakat, sebagai perwujudan nyata perannya dalam mengisi pembangunan di tengah-tengah masyarakat.
 
Top