MAGELANG,-- Dalam rangka pelaksanaan upaya khusus peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai di wilayah Kecamatan Muntilan, dan sebagai upaya mendukung program pemerintah di bidang swasembada pangan, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 14 Muntilan Sertu Budiharto turut melakukan pendampingan kepada petani menanam padi di wilayahnya, Jum'at (16/11).

Seperti disampaikan Sertu Budiharto saat mendampingi petani di lokasi persawahan yang sedang menanam padi jenis Cehera bertempat di Dusun Drojogan Desa Adikarto Kecamatan Muntilan.

Peran aktif Babinsa dalam melaksanakan pendampingan program upsus pertanian guna mencapai program swasembada pangan sangat penting. Dalam hal ini  Budiharto mengungkapkan selaku aparat kewilayahan yang ada di lapangan akan terus melaksanakan pendampingan dan pemantauan perkembangan pertumbuhan padi mulai dari penyiapan lahan, penyemaian, penanaman, pemupukan, pemberantasan hama sampai siap panen sehingga program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah akan tercapai.

“Kita terus berupaya semaksimal mungkin bersama-sama dengan PPL setempat turun langsung ke sawah-sawah mendampingi mereka (para petani), mendorong percepatan tanam dengan sesegera mungkin mengolah lahan-lahan yang sudah memungkinkan untuk ditanami padi” paparnya.

Tujuan pendampingan penanaman padi tersebut untuk memberikan suport dan semangat kepada petani guna mendapatkan hasil panen yang maksimal dan menyukseskan program swasembada pangan yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat bekerjasama dengan TNI.

Sementara Muhajir (58) salah seorang petani yang lahannya dijadikan lokasi pendampingan menyampaikan terima kasih adanya peran serta Babinsa dalam mendampingi menanam padi.(pendimmgl).

Ia berharap pendampingan Babinsa dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan, sehingga diharapkan TNI selalu dapat membantu petani yang membutuhkan pendampingan, Ucapnya dengan wajah penuh harapan.
 
Top