PAKIS MAGELANG -Tugas Babinsa dalam memelihara situasi yang aman dan kondusif di desa binaan sangat dibantu dengan adanya anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (SATLINMAS ) atau yang lebih dikenal dengan sebutan Hansip. Dimana sesuai dengan namanya Linmas atau Hansip ini mempunyai tugas melaksanakan patroli maupun ronda dilingkungan desa atau ikut mengamankan kegiatan yang diselenggarakan oleh warga.

Oleh karena itu untuk meningkatkan kedisiplinan anggota Linmas, pada hari Jumat malam (2/11/2018) bertempat di Kantor Desa Gumelem, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Babinsa Desa Gumelem Sertu Hartanto bersama Bhabinkamtibmas Ipda Tri Haryanto memberikan pembekalan dan pelatihan tentang tata cara patroli serta teknik-teknik pengamanan kepada anggota Linmas Desa setempat.

Selain memberikan pelatihan, pada kesempatan tersebut Babinsa juga menyampaikan himbauan untuk bersama-sama menjaga keamanan, karena keamanan bukan hanya tanggung jawab TNI atau POLRI saja, melainkan tanggung jawab kita bersama, serta peduli terhadap setiap pendatang yang masuk ke Desa Gumelem.

"Apabila ada hal-hal yang tidak pas atau mencurigakan, sesegera mungkin untuk di laporkan kepada saya selaku Babinsa atau kepada pak Tri Haryanto selaku Bhabinkamtibmas", terang Sertu Hartanto.

Lebih lanjut ditambahkan oleh Babinsa, sebagai anggota Linmas yang lebih akrab dengan sebutan Hansip yang merupakan perpanjangan tangan dari TNI dan POLRI, "Mari kita bersama-sama selalu menjaga keamanan demi terwujudnya situasi yang aman, tentram dan kondusif, serta melaporkan setiap permasalahan sekecil apapun, kepada Babinsa atau Bhabinkamtibmas, mengenai apa yang terjadi didesa", ungkap Babinsa.

Selaku Kepala Desa Gumelem Budi Sukirman (44), mengucapkan terima kasih atas pembekalan dan pelatihan yang sudah dilakukan oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

"Terima kasih pak Babinsa dan Bhabinkamtibmas atas bimbingan serta arahan yang diberikan, sehingga apa yang telah diterima bisa menjadi bekal dan dapat meningkatkan kesiap siagaan, serta kedisiplinan bagi setiap anggota Linmas", ucapnya.

Sementara itu Danramil 08/Pakis Kapten Cpl Bambang Masrukhin mengatakan,"Kegiatan ini dalam rangka memberikan ketrampilan kepada petugas Linmas yang merupakan rekan dan mitra Koramil 08/Pakis, dalam menjaga keamanan di wilayahnya masing-masing", kata Danramil. (red)
 
Top