N3,Sarolangun ~ Kelangkahan gas elpiji ukuran 3 kilogram (Kg) di wilayah Kabupaten Sarolangun dalam beberapa hari terakhir ini dipicu oleh peningkatan jumlah konsumsi di masyarakat.

Menurut Kabid Perdagangan Dinas Kopperindag Sarolangun Amin Faisol,melalui Kasi Pengawasan Asril,SE jika untuk pasokan gas elpiji 3 Kilogram di Sarolangun dari laporan tiga agen normal sesuai dengan kouta yang ada.

"Dari laporan tiga agen yang ada,jika untuk pasokan sesuai dengan kouta yang ada,artinya normal,"ujarnya.

Namun dari pantauan nusantaranews.net di lapangan jika dibeberapa tempat seperti didalam Kecamatan Sarolangun banyak warga yang mengeluh susahnya mencari gas 3 Kg tersebut dan sangat langka.

"Kelangkahan gas elpiji ukuran 3 Kg saat ini disebabkan oleh 2 faktor antara lain,pertama kebutuhan masyarakat yg meningkat dan yang kedua banyaknya rumah makan dan industri kecil yg memakai gas elpiji ukuran tersebut,"ucap Asril.

Lebih lanjut Asril menambahkan, jika Dinas Kopperindag sudah memberikan himbauan melalui spanduk disetiap pangkalan untuk menyalurkan dan mendistribusi sesuai peruntukan.

"Kita sudah menghimbau kepada pangkalan untuk mendistribusi gas sesuai peruntuk,dan selanjutnya kita akan segera menyurati Pertamina untuk melakukan Operasi Pasar  dan inspeksi terkait distribusi gas LPG yg tidak tepat sasaran,"pungkasnya.  (SRF)
 
Top